Ini Risiko Jamaah Haji Jika Nekat Masukan Air Zam Zam ke Dalam Koper

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 15 398 2092435 ini-risiko-jamaah-haji-jika-nekat-masukan-air-zam-zam-ke-dalam-koper-XWtLMaq1ni.jpg Ilustrasi

MAKKAH - Imbauan kepada jamaah haji Indonesia untuk tidak membawa air zamzam di dalam koper terus disuarakan. Pasalnya, jika tetap dipaksakan, maka koper jamaah bakal dibongkar.

"Barang tersebut akan dibongkar pastinya, nah yang saya khawatirkan justru barang yang sudah disusun rapi oleh jamaah itu justru ikut tercecer," kata Kepala PPIH Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah Arsyad Hidayat.

"Kalau yang tercecer barang biasa kita masih maklum. Tapi kalau tercecer akibat pembongkaran ternyata berharga kan sayang juga, kasihan," tambah dia.

Oleh karenanya, dia melannjutkan, supaya tidak terjadi sweeping dan pembongkaran pihaknya memohon kerja sama seluruh jamaah haji.

Haji 2019

Selain itu, dia memaparkan, maksimal barang bagasi jamaah itu 32 kg, biasanya utnuk tas koper.

"Kemudian dilarang membawa benda-benda terlarang seperti pisau yang bisa meledak dan yang paling penting juga air zam-zam dan itu dipastikan itu akan kena sweeping dari pihak maskapai (satu perusahaan yang ditunjuk untuk sweeping)," kata dia.

"Oleh karena itu kami mengimbau seluruh jamaah haji tolong untuk tidak memasukkan air zam-zam ke dalam tas koper karena setiap jamaah haji sudah dipastikan dapat satu galon air zam-zam sebanyak 5 liter," ungkap dia.

Sementara itu, untuk tas tentengan jangan lebih berat dari 7 kg. "Saya kira itu yang paling penting diperhatikan," tutup dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini