nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Sedikit Gangguan, Fase Mina Berjalan Tanpa Kendala Berarti

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 23:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 14 398 2092040 ada-sedikit-gangguan-fase-mina-berjalan-tanpa-kendala-berarti-cwTJebLUKn.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

MAKKAH - Mina merupakan titik paling krusial dalam puncak ibadah haji. Sejak dulu, Mina memang menjadi satu fase yang mengkhawatirkan karena banyak peristiwa terjadi di sini.

Tetapi, pada musim haji 2019 ini, Alhamdulillah proses di Mina berjalan lancar. Hanya saja, memang sempat ada video viral yang membuat gempar dan meresahkan.

"Mungkin pernah tersebar tentang banjir, sama sekali tidak seperti apa yang diberitakan di tanah air," Kepala Satuan Operasional Armuzna Jaetul Muchlis, Rabu (14/8/2019).

Ilustrasi

Hujan memang sempat mengguyur Mina dan mengakibatkan air menggenang, listrik padam dan beberapa tenda kemasukan air. Namun, dia menegaskan hal tersebut tidak menjadi kendala.

"Sempat di hari Senin ada hujan, tetapi melihat regulasi (Arab Saudi) yang ada, mungkin pernah diresahkan masyarakat di tanah air, pemadaman listrik. Sebenarnya tidak menjadi kendala yang berarti, karena itu memang peraturan d regulsai di Arab Saudi," kata dia.

Dia juga menegaskan, tidak ada banjir besar seperti yang banyak dikabarkan.

"Kendalanya cuma ada penyempitan jalan keluar dari Jamarat, karena ada air yang menggenang atau mengalir dengan ketinggian tidak lebih dari 15 centimeter," tambah dia.

Baca Juga: 151 Jamaah Haji Indonesia Wafat Usai Hari Terakhir Mabit di Mina

Walau begitu, dia menegaskan, genangan air tersebut tidak menyurutkan langkah jamaah haji Indonesia.

"Derasnya air tidak sanggup menggoyahkan pejalan kaki jamaah haji," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini