nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Banjir Mina, PPIH: Sudah Diantisipasi Petugas Haji

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 21:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 398 2091549 viral-video-banjir-mina-ppih-sudah-diantisipasi-petugas-haji-QwVoFZcqDe.jpg Banjir di Mina (Foto: Ist)

MAKKAH - Video banjir di Mina tengah viral di Tanah Air. Air yang sempat tergenang tersebut dinilai tidak berdampak signifikan ke jamaah haji Indonesia.

"Itu hanya terjadi kemarin sore dan Isya sudah selesai. Hari ini dari pagi sampai sore udara cerah dan cenderung kembali normal dan cuaca cukup panas," kata Kepala PPIH Daerah Kerja Makkah Subhan Chalid, Selasa (13/8/2019).

Walau begitu, dia menjelaskan, para petugas haji telah melakukan antisipasi terkait dengan hal tersebut.

"Adapun kemudian kita menerima berbagai gambar atau video kondisi Mina, itu sesungguhnya hanyalah genangan air saja. Karena petugas kita sudah langsung melakukan antisipasi dengan sigap berada di tenda jamaah," jelas dia.

Baca Juga: Beredar Kabar Mina Banjir dan Tidak Kondusif, Begini Penjelasan Menag

Mina banjir

Paling lama, kata dia, dampak yang terjadi adalah listrik di sejumlah tenda yang padam. "Berkoodinasi dengan pengurus maktab. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Menjelang Magrib sudah nyala. Ada yang setelah Isya," kata dia.

Selain listrik padam, Subhan mengakui, memang ada dampak lain dari hujan yang turun tersebut. "Pertama di tenda mina ada sebagian karpet basah. Tetapi tidak membuat jamaah keluar tenda. Karpet yang basah dilipat dan sudah kembali selesai. Yang kedua betul ada beberapa maktab yang listriknya dimatikan. Untuk menghindari kongslet karena air," jelas dia. 

Jamaah, kata dia, memang diimbau tetap di tenda. Sementara jamaah yang sedang di Jamarat berhenti dan berlindung dari hujan.

"Kalau yang ditenda berangkat ke jamarata, bisa terjadi penumpukan. Beresiko kepadatan di jamarat," kata dia.

" Adapun satu atau dua eskalator yang dimatikan karena memang di tempat terbuka. Menghindari konrslet dan bisa berakibat pada jamaah. Maka oleh pertahanan sipil Makkah peralatan elektrik dimatikan," kata dia.

Baca Juga: Kenapa Tenda Jamaah Haji di Mina Belum Dibuat Bertingkat?

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini