nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Upaya Menag Lobi Pengembangan Mina dan Perluasan Fast Track ke Pemerintah Arab Saudi

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 14:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 398 2091320 upaya-menag-lobi-pengembangan-mina-dan-perluasan-fast-track-ke-pemerintah-arab-saudi-imF0ARk04M.jpg Menag Lukman Hakim Saifuddin. (Foto : Widi Agustian/Okezone)

MINA – Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengatakan telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi dan Gubernur Makkah. Dalam pertemuan itu, ada dua hal yang disampaikannya.

Menteri Agama (Menag) itu menyebutkan, pertama, program fast track yang sebenarnya masih dalam tahap uji coba, tapi hasilnya sangat memuaskan.

Ke depannya, dia berharap program ini bisa diperluas implementasinya di seluruh embarkasi di Indonesia.

"Fast track yang tahun ini masih uji coba di embarkasi Jakarta hasilnya sangat baik. Tahun depan saya minta diberlakukan di 13 embarkasi Tanah Air," ucap Menag di Mina, Selasa (13/8/2019).

Temui Gubernur Makkah, Menag Terus Dorong Renovasi Perbaikan Mina

"Saya bilang ke Menteri Haji dan gubernur Makkah. Gubernur Makkah itu (ikut-red) bertanggung jawab atas pelaksanaan haji," katanya.

Kedua, Lukman kembali menyampaikan soal pembenahan Mina agar menjadi lebih baik lagi. Termasuk dengan menggunakan tenda bertingkat.


Baca Juga : Bertemu Gubernur Makkah, Menag Terus Dorong Renovasi Perbaikan Mina

"Saya sejak beberapa tahun lalu menyampaikan untuk penambahan kapasitas Mina, yakni tenda dan toiletnya. Yang ada sekarang ini tidak sebanding dengan kebutuhan. Tenda kita itu sangat padat," ujarnya.


Baca Juga : Sistem Fast Track Positif bagi Psikologis Jamaah Haji

Dia mengatakan, titik kritis haji berada di Mina. Beberapa kejadian tragis juga terjadi di Mina.

"Mina itu kompleks masalahnya. Saya berharap pemerintah saudi memberikan perhatian. Mudah-mudahan tahun depan bisa direalisasikan (tenda bertingkat-red)," tuturnya.


Baca Juga : Menag: Sejak 2014 Tidak Pernah Hujan Deras di Mina

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini