nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag Sebut Macet di Tanah Suci Berkurang Tahun Ini

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 14:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 13 398 2091316 menag-sebut-macet-di-tanah-suci-berkurang-tahun-ini-1CVbWQHLc3.jpg Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga Amirul Hajj Indonesia menyebut situasi dan kondisi lalu lintas di Kota Makkah, Arab Saudi, khususnya saat puncak ibadah haji kali ini, lebih baik ketimbang tahun lalu.

"Arus lalu lintas dari Makkah ke Arafah jauh lebih baik. Saya tidak menerima laporan kemacetan. Tahun kemarin itu macet bisa berjam-jam," kata Menag Lukman Hakim di Mina.

Baca juga: Menag: Sejak 2014 Tidak Pernah Hujan Deras di Mina 

Oleh karena itu, lanjut Menag, pihaknya telah menyampaikan apresiasi kepada pihak Kerajaan Arab Saudi atas hal yang positif tersebut.

"Kami diterima Gubernur Makkah. Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih. Saya lihat ada beberapa poin perbaikan yang perlu diapresiasi," tambah dia.

Lalu lintas di Tanah Suci saat masa haji. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

Menag Lukman Hakim melanjutkan, dalam pertemuannya dengan Menteri Haji Arab Saudi, dia mengatakan melihat keseriusan pihak setempat membenahi masalah transportasi.

"Mereka menata betul. Semua sudut jalan raya termonitor dengan baik. Mereka sangat serius membenahi arus lalu lintas ini," jelas Menag Lukman Hakim.

Baca juga: Jamaah Haji Nafar Awal Dipulangkan ke Makkah Mulai Pukul 7 Pagi 

"Tidak kurang 3 juta manusia berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Arus pergerakan pun terjadi selama 24 jam," tambah dia.

Selain masalah lalu lintas, Menag juga mengomentari terkait kebersihan yang kian membaik.

"Di Mina, kebersihan relatif lebih baik dari tahun lalu. Meski di sana-sini masih ada sampah, tapi ini masih lebih baik dari tahun lalu," jelas dia.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini