nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Lempar Jumrah, Jangan Pergi Sendirian!

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 02:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 600 2090654 jamaah-haji-lempar-jumrah-jangan-pergi-sendirian-62yYi5zHri.JPG Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MINA - Jamaah haji yang melakukan lempar jumrah harus bisa mengantisipasi situasi dan kondisi di Jamarat. Pertama, jamaah haji diimbau harus berkelompok.

"Tentu kita memberikan anjuran, saran dan imbauan kepada jamaah haji Indonesia. Jarak antara tenda (Mina) dan Jamarat jauh, karena itu harus pergi dalam rombongan," kata Menag, Minggu (11/8/2019).

Jika jamaah haji sendirian, Menag mengatakan, akan berpotensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Jangan sampai terpisah karena bukan hanya arus manusia yang banyak. Ada banyak persimpangan jalan. Kalau terlisah dari kelompok, bisa kesasar. Makanya harus tetap dalam kelompok," beber dia.

Kedua, dia menyebut jamaah haji lansia dan risiko tinggi (risti) jangan sampai memaksakan diri untuk melempar jumrah. "Karena itu bisa diwakilkan," beber dia.

Menag Lukman Hakim Saifuddin

Sekadar mengingatkan, berdasarkan surat dari Kementerian Haji Arab Saudi yang dikirimkan melalui muassasah tersebut berikut jadwal larangan lempar jumrah.

- 10 Dzulhijah larangan melempar jumrah mulai pukul 04.00 sampai dengan pukul 10.00 WAS.

- 11 Dzulhijah tidak ada waktu terlarang untuk lempar jumrah

- 12 Dzulhijah larangan melempar jumrah mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 14.00 WAS.

- 13 Dzulhijah tidak ada waktu terlarang untuk lempar jumrah.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini