nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Alasan Kondisi Mina Dinilai Lebih Baik dari Tahun Lalu

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 04:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 398 2090663 2-alasan-kondisi-mina-dinilai-lebih-baik-dari-tahun-lalu-bQhIfWKNI1.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MINA - Kondisi di Mina disebut lebih baik dari tahun lalu. Ada dua hal yang menjadi alasan situasi Mina membaik. Pertama, menurunnya jumlah jamaah yang dirawat di Pos Kesehatan Haji Indonesia yang berada di Mina.

Pada Minggu (11/8/2019) malam, di pos kesehatan tersebut terdapat 10 jamaah yang dirawat. Sementara kapasitas rawatnya sendiri mencapai 40 bed.

"Di tenda Mina, tahun lalu full," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji, Eka Jusup Singka, Minggu (11/8/2019).

Dia menjelaskan, penyakit yang diderita oleh jamaah haji Indonesia tersebut didominasi sakit jantung hingga paru-paru. "Itu karena cuaca panas," jelas dia.

Hingga hari ini pukul 23.18 WAS, data Siskohat Kemenag menyebutkan jumlah jamaah yang wafat berjumlah 116 orang jamaah.

"Angka kesakitan dan kematian bisa kita tekan. Itu karena seluruh penyelenggara, KBIH dan Kemenag bisa mendukung kami," tuturnya.

Jamaah Haji

Kedua, dia menyebut kondisi cuaca di Arafah hingga Mina dalam kondisi yang amat baik saat ini. Pada hari pertama melempar jumrah, suhu di Mina tidak lebih dari 40 derajat celsius. Bahkan, beberapa kali hujan sempat turun.

"Tadi hujan, suhu turun, tapi kita selalu aware agar jamaah haji selalu pakai payung, semprotan dan gerakan minum bersama harus selalu dilakukan," kata dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini