nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tenda di Mina Sempit, Begini Penjelasan Menteri Agama

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 02:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 12 393 2090648 tenda-di-mina-sempit-begini-penjelasan-menteri-agama-s5JCJ8zODE.JPG

MINA - Seorang jamaah asal Depok menghampiri Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saulifuddin. Dia langsung menyampaikan unek-uneknya.

"Pak, di tenda di Mina ini, yang ukuran 4x4 meter diisi 20 orang," kata jamaah tersebut.

Dia pun berharap agar ruang atau space untuk jamaah haji bisa diperluas agar lebih nyaman. Menanggapi hal tersebut, Menag yang juga amirul hajj memberikan penjelasan kepada jamaah tersebut. "Ini masalah yang kompleks," ucap Menag mengawali penjelasannya.

Dia menyebut, alasan utama ruang untuk jamaah di Mina sempit adalah akibat luas kawasan Mina yang memang hanya segitu saja.

Menag mencontohkan, Masjid Nabawi bisa diperluas untuk menambah luas ruangnya. Begitu juga dengan Masjidil Haram bisa diekspansi agar lebih luas lagi. Tetapi, lanjut Menag, tidak begitu dengan Mina. "Di luar (daerah Mina) itu, tidak sah lagi," jelas dia.

Menag Lukman Hakim Saifuddin

Saat ini, pihaknya telah meminta Kerajaan Arab Saudi untuk menambah kapasitas ruang tenda dan toilet di Mina. Karena itu, dirinya berharap tenda dan toilet di Mina bisa dibuat bertingkat. Tenda bertingkat ini, kata Menag, pernah diperlihatkan Arab Saudi dalam sebuah pameran. Dia berharap, tidak lama lagi tenda bertingkat ini bisa segera dipasang.

"Masukan dari bapak memang kita rasakan betul," jelas dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini