nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wukuf di Arafah, Menag Lukman Hakim Jelaskan Moderasi Berislam

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 20:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 10 453 2090330 wukuf-di-arafah-menag-lukman-hakim-jelaskan-moderasi-berislam-m75tWqB3iI.jpg Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberi sambutan saat wukuf di Arafah. (Foto: Darmawan/MCH 2019)

ARAFAH – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya kini sedang menjalankan moderasi agama. Dalam konteks Islam, jelas dia, adalah moderasi Islam.

Baca juga: Ini Isi Lengkap Khutbah Wukuf Haji 2019 di Arafah 

"Salah kaprah Islam harus dimoderasi. Kalimat yang tepat adalah moderasi berislam. Cara kita memahami Islam, cara bisa jadi kita terjerumus, terperosok. Cara memahami dan mengamalkan agama harus berada pada jalan yang benar," Menag Lukman Hakim ketika memberi sambutan puncak ibadah wukuf di Arafah, Sabtu (10/8/2019).

Puncak haji wukuf di Arafah. (Foto: Darmawan/MCH 2019)

Ia melanjutkan, apa ukuran dari moderasi? Menurut dia, inti dari ajaran Islam ada di tengah-tengah, tidak condong ke kanan atau kiri. Intinya adalah kemanusiaan.

Baca juga: Menag Tegaskan Petugas Haji Berada di Garda Terdepan Memberi Pelayanan 

"Ketika ada pemahaman yang mengatasnamakan Islam, yang justru merendahkan harkat derajat kemanusiaan, bahkan menghilangkan kemnusiaan, yang ada kehidupan yang Allah tiupkan ke setiap manusia, itu menurut saya sudah berlebihan, dan perlu dikembalikan ke jalan yang benar," papar Menag.

Dia mengatakan, melalui wukuf bisa merefleksikan hal itu semua.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini