nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khutbah Wukuf Haji 2019: Pusatkan Hati & Pikiran, Kenang yang Dialami Rasul di Arafah

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 17:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 10 394 2090255 khutbah-wukuf-haji-2019-pusatkan-hati-pikiran-kenang-yang-dialami-rasul-di-arafah-ojrNuWbFmV.jpg Jamaah haji Indonesia menyimak khutbah wukuf di Arafah. (Foto: Darmawan/MCH 2019)

ARAFAH – Jamaah Indonesia yang sedang melaksanakan puncak haji 2019 masehi/1440 hijriah dengan wukuf di Padang Arafah diajak memusatkan hati dan pikiran dalam beribadah. Kemudian mengenang kembali apa yang dialami Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam beserta para sahabatnya sewaktu berada di Padang Arafah.

Baca juga: Khutbah Wukuf 2019 Mengusung Tema 'Menggapai Haji Mabrur di Arafah' 

Hal itu sebagaimana dikatakan Naib Amirul Hajj KH A Bunyamin Ruhiyat ketika menyampaikan Khutbah Wukuf Haji 2019 di Padang Arafah.

Ia melanjutkan, tepat di kaki Bukit (Jabal) Rahmah, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berada di atas punggung unta yang bernama Quswa. Di situ Beliau menyampaikan khutbah wukuf:

"Wahai umat manusia, dengarkanlah ucapanku, sebab saya tidak tahu, boleh jadi saya tidak akan bisa bertemu selamanya dengan kalian setelah tahun ini, di tempat ini. Sesungguhnya darah kalian haram (untuk ditumpahkan), dan harta kalian haram (untuk dirampas). Keduanya harus dipelihara seperti halnya hari, bulan dan tempat ini yang harus dipelihara telah aku tinggalkan kepada kalian Alquran. Kalian tidak akan sesat selama berpegang teguh kepada kitab suci tersebut."

Baca juga: Khutbah Wukuf Haji 2019: Banyak Berdoa untuk Kebaikan Diri hingga Bangsa 

KH Bunyamin menerangkan, sesudah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam selesai memberikan khutbah, turunlah ayat:

"Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridai Islam sebagai agamamu," (QS Al Maidah: 5).

Usai mendengar ayat ini, cerita KH Bunyamin, Abu Bakar beserta para sahabat Iainnya menangis karena Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam mengatakan, "Kita semua manusia akan meninggal, mungkin aku tidak akan lama lagi bersama kalian."

Baca juga: Khutbah Wukuf 2019: Tiga Cara Menjadi Haji Mabrur 

KH Bunyamin mengungkapkan, semua jamaah haji saat ini berpakaian putih, dan nanti pun kalau meninggal hanya terbungkus sehelai kain putih. Tidak akan membawa harta kekayaan, kecuali amal yang dilakukan selama hidup di dunia yang fana ini.

Sewaktu kita menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala, lanjut dia, akan ditanya tentang empat hal.

Baca juga: Khutbah Wukuf Haji 2019: Wujudkan Kepedulian Setelah Kembali ke Tanah Air 

Dari Sayyidina Muadz bin Jabal berkata, bersabda Rasulullah:

"Kedua kaki seorang hamba tidak akan melangkah pada hari Kiamat sampai ia ditanyakan tentang empat hal; tentang umurnya digunakan untuk apa; masa mudanya dihabiskan untuk apa; tentang hartanya, dari mana ia peroleh dan dalam hal apa dibelanjakan, dan tentang ilmunya apakah diamalkan atau tidak," (HR Al Thabrani).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini