Share

Seorang Jamaah Haji Indonesia Meninggal di Jabal Rahmah

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 31 Juli 2019 20:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 31 398 2086098 seorang-jamaah-haji-indonesia-meninggal-di-jabal-rahmah-0H4CGwssaW.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

MAKKAH - Seorang jamaah haji yang berusia lanjut meninggal dunia di Jabal Rahmah, Makkah. Dia diduga kelelahan dan dehidrasi karena naik ke atas Jabal Rahmah.

Jamaah perempuan asal embarkasi Surabaya tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit, namun tidak tertolong.

Dirinya mendadak tidak sadarkan diri di tengah pendakian di atas Jabal Rahmah. Kemudian, dievakuasi oleh petugas haji.

"Seorang dokter sempat melakukan CPR dengan pompa jantung dan nafas buatan. Ibu ini sempat bernafas, lalu tidak sadarkan diri," kata petugas haji Fajar Hernanto, yang merupakan anggota Media Center Haji (MCH) di lokasi kejadian, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga: 170.430 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Makkah, 9.264 Lansia

Selanjutnya, jamaah tersebut digotong menuruni Jabal Rahmah yang kemudian dilarikan ke mobil MCH untuk dibawa ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

"Kondisinya sudah apnea, nafasnya tersengal. Kami tidak menunda lagi pasien untuk mendapat pertolongan, tindakannya harus sudah dibawa ke rumah sakit," kata penanggung jawab medis KKHI Dr. Meity Ardiana.

Ilustrasi

Jamaah berusia sekira 60 tahun itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Arab Saudi, An Nur. "Listrik jantungnya masih terdeteksi, tapi nadinya tidak ada. Pasien tidak tertolong, meninggal di rumah sakit," lanjut dia.

"Pasien kecapekan. Cuaca di sini berbeda dengan di Indonesia, panasnya sangat terik," kata Meity.

Hingga berita ini diturunkan, Okezone masih menunggu konfirmasi dari pihak Kementerian Agama, terkait insiden meninggalnya jamaah haji tersebut.

Baca Juga: Menag Harap Tambahan Kuota Haji Berlaku Permanen

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini