Share

Bus Salawat Stop Sementara saat Puncak Haji, Jamaah Jangan Paksakan Diri ke Masjidil Haram

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 398 2085497 bus-salawat-stop-sementara-saat-puncak-haji-jamaah-jangan-paksakan-diri-ke-masjidil-haram-nDN7FnnllH.jpg Ilustrasi Bus Salawat

MAKKAH - Bus salawat yang sedianya melayani transportasi jamaah haji Indonesia untuk menuju Masjidil Haram, Makkah, akan berhenti sementara waktu saat puncak haji.

Pada saat puncak haji atau fase Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), bus salawat akan berhenti beroperasi pada 6 Agustus 2019 atau 5 Dzulhijah 1440 mulai pukul 12.00 WAS. Bus salawat akan beroperasi kembali pada 15 Agustus 2019 atau 14 Dzulhijah.

Untuk itu, jamaah haji pun harus berjalan kaki jika ingin menuju ke Masjidil Haram pada waktu-waktu tersebut.

Ilustrasi Bus Salawat

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Nizar meminta jamaah untuk tidak memaksakan diri untuk beribadah di Masjidil Haram pada saat bus salawat tidak beroperasi.

"Imbauannya (jamaah) menjaga kesehatan dengan tidak melakukan pekerjaan yang membutuhkan energi besar. Karena (memasuki) puncak haji," kata dia di Makkah, Selasa (30/7/2019).

Baca Juga: Di Tanah Suci, Nenek 91 Tahun Ini Berharap Kesembuhan Penyakitnya

Untuk itu, Nizar menyarankan jamaah haji agar beribadah di hotel atau penginapan masing-masing.

"Bagi yang jauh tentu imbauannya ibadah di hotel masing-masing. Karena ada syarat (bagi hotel untuk menyediakan) ruangan yang dijadikan musala," kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini