Di Usia 91 Tahun, Kakek Panut Tidak Menyangka Berangkat ke Tanah Suci

Selasa 30 Juli 2019 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 393 2085328 di-usia-91-tahun-kakek-panut-tidak-menyangka-berangkat-ke-tanah-suci-Z3p2tIuibE.jpg Kakek Panut bin Tugimin berangkat haji di usia 91 tahun. (Foto: Munawar/Antaranews)

MEDAN – Kakek Panut bin Tugimin (91), jamaah calon haji asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, yang tergabung dalam Kelompok Terbang 17 Embarkasi Medan, tidak menyangka bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Arab Saudi.

"Alhamdulillah, akhirnya niat berangkat haji dapat tercapai juga. Ini berkat Allah Yang Maha Kuasa," kata Panut saat berada di Asrama Haji Medan, Senin 29 Juli 2019, sebagaimana dinukil dari Antaranews.

Baca juga: Pergi Haji Pakai Motor: Alasan Bawa Balita hingga Mengumpulkan 1.000 Pesan Cinta 

Jamaah haji di Masjid Nabawi. (Foto: Okezone)

Ia menceritakan, niat berangkat ke Makkah hampir 12 tahun lamanya, tepatnya saat pensiun dari PTPN 2 milik BUMN.

"Namun, berkat kesabaran dan akhirnya bisa juga berangkat ke Tanah Suci," ujar Kakek Panut.

Baca juga: Nenek Nurzanah Gigih Jual Gorengan hingga Bisa Berangkat Haji 

Dia menyebutkan tidak menduga sama sekali dalam usianya yang sudah mencapai 91 tahun bisa menunaikan ibadah haji.

"Itu merupakan kehendak Allah Yang Maha Besar. Semoga tetap sehat di Tanah Suci dan tercapai haji mabrur," kata Kakek Panut.

Sebanyak 389 jamaah calon haji Kloter 17 Embarkasi Medan berangkat ke Tanah Suci dari Asrama Haji Medan melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, pada Senin 29 Juli 2019, sekira pukul 19.05 WIB.

Dari jumlah 389 calon haji tersebut, 214 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 109 orang Kabupaten Mandailing Natal, 87 orang Kabupaten Karo, dan 1 orang Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca juga: Di Tanah Suci, Nenek 91 Tahun Ini Berharap Kesembuhan Penyakitnya 

Pimpinan Kloter 17 Embarkasi Medan, Fahmi Sahuddin Tarigan bin Fakhry Samidin Tarigan, mengatakan panitia haji mencatat calhaj tertua atas nama Fatimah bin Gongkon Nasution (91) berasal dari Kabupaten Mandailing Natal.

Kakbah. (Foto: Ist)

Sedangkan calhaj termuda tercatat tiga orang yakni Suryani Rosa Harahap (23) dan Renny Tanjung Ramli (23) dari Kabupaten Deli Serdang, serta Nurul Amalia Sukimin (23) asal Kabupaten Karo.

Baca juga: Cerita Pria Jambi Naik Motor Bareng Anak Balitanya ke Tanah Suci untuk Berhaji 

Berdasarkan data Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, warga Sumatera Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini sebanyak 8.641 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini