nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ziarah ke 5 Masjid Peninggalan Perang Khandaq

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 27 599 2084363 ziarah-ke-5-masjid-peninggalan-perang-khandaq-dMMrpQRDbk.jpg Masjid di Madinah (Foto: Widi/Okezone)

MADINAH - Perang Khandaq merupakan salah satu perang bersejarah yang telah dilalui oleh Rasulullah SAW. Dari perang ini, terdapat sejumlah peninggalan.

Kini di areal tersebut, terdapat masjid dan benteng yang menjadi salah satu peninggalan Nabi Muhammad SAW di Madinah.

Khandaq sendiri memiliki arti parit. Kata khandaq sendiri sebenarnya berasal dari Persia yang telah diserap ke dalam Bahasa Arab.

Dalam perjalanan sejarah Islam, khandaq adalah peristiwa penggalian parit untuk benteng pertahanan melawan kaum kafir Quraisy bersama sekutu-sekutunya yang mengepung Madinah. Pembuatan khandaq ini merupakan ide seorang sahabat Rasulullah SAW yang berasal dari Persia, Salman Al Farisi.

Sejarah perang Khandaq terjadi pada bulan Syawal tahun kelima Hijriyah. Sebelum serangan dimulai, Rasulullah bersama sahabat dan umat muslim menggali parit bersama-sama.

Masjid
(Foto: Masjid Ali/Okezone)

Baca Juga: Di Makkah, Jamaah Haji Disajikan Bubur Kacang Ijo Usai Salat Jumat

Setiap 10 orang kaum Muslimin harus bisa menyelesaikan penggalian parit sepanjang 40 meter. Umat muslim berhasil menggali parit sepanjang 5,5 km, lebar 4,6 meter dan kedalaman lebih dari 3 meter. Penggalian itu membutuhkan waktu sekitar 10 hari.

Dalam peristiwa itu, sempat terjadi pertarungan satu lawan satu antara Ali bin Abi Thalib dengan Amr bin Abdu Wudd. Ali berhasil membunuhnya. Saat perang terjadi kaum muslim menjadi syuhada sebanyak enam orang. Sedangkan dari pasukan Quraisy sebanyak 12 orang.

Masjid
(Foto: Masjid Salman/Okezone)

Saat ini, parit yang terletak di bagian selatan Madinah sudah hilang. Sedangkan di atas bukit Sila masih terlihat beberapa benteng batu yang dulu dijadikan tempat untuk mengawasi.

Untuk mengenang dan menghormati jasa pejuang dan syuhada Khandaq, kaum muslim membangun masjid di lokasi yang menjadi tempat pertahanan para sahabat. Ada tujuh buah masjid yang dibangun. Karena itu kemudian dinamakan Masjid Tujuh (Sabah), yakni Masjid Salman, Masjid Abu Bakar, Masjid Umar, Masjid Utsman, Masjid Ali, Masjid Fatimah, dan Masjid Fatah.

Masjid Fatah

(Foto: Masjid Fatah/Okezone)

Saat ini bekas-bekas peninggalan perang Khandaq yang ada hanyalah berupa lima buah masjid. Masjid di tempat itu sekarang dikenal dengan nama Masjid Sab’ah atau Masjid Khamsah (Masjid Lima), yang terdiri dari Masjid Fatah, Masjid Salman, Masjid Umar, Masjid Ali dan Masjid Fatimah.

Kondisi dari Masjid Fatah, yang dahulu digunakan Rasulullah SAW sebagai pos pertahanan kini keadaannya tidak terawat. Begitu juga dengan Masjid Umar.

Sementara Masjid Salman, tengah direnovasi. Sementara Masjid Ali dan Masjid Fatimah tidak bisa didekati karena dipagar dan digembok.

Di antara masjid-masjid tersebut, berdiri satu masjid besar di tengah-tengah, itu adalah Masjid Khandaq. Masjid ini pun dibangun sekira 12 tahun lalu.

Masjid
(Foto: Masjid Umar/Okezone)

1
2

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini