Jamaah Haji Jangan Lupa Ambil Barang Usai X-Ray di Bandara

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 27 398 2084308 jamaah-haji-jangan-lupa-ambil-barang-usai-x-ray-di-bandara-uyQmgqzKSj.jpg Foto Istimewa

JEDDAH - Jamaah haji diminta jangan melupakan barang miliknya saat di bandara kendati perjalanan yang cukup lama kerap membuat jamaah lelah.

Hal ini yang sering membuat jamaah menjadi lalai akan barangnya saat melewati jalur pemeriksaan dokumen maupun barang (x-ray).

"Setiap kedatangan kloter yang berada di bandara Jeddah ini bisa dipastikan hampir ada barang-barang yang tertinggal atau barang-barang yang terselip," jelas Kepala Seksi (Kasie) Perlindungan Jamaah (Linjam) Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Syarifuddin Zuhri di Jeddah.

 Jamaah Haji

Barang yang dimaksud seperti dokumen berupa paspor atau kartu kesehatan. Adapula jamaah yang tertinggal tas kabin. Bahkan ada juga uang saku yang dibawa dari Tanah Air. Rata-rata jamaah haji melupakan barang bawaannya saat melewati alat pemeriksaan (x-ray).

"Para jamaah sebagian lupa karena kelelahan setelah barangnya atau tasnya. Mereka masuk ke x-ray langsung keluar pintu imigrasi atau keluar pintu kedatangan," jelas dia.

Sebagian, kata dia, ada yang memang tidak tahu dan menganggap jika setelah barangnya lewat pemeriksaan x-ray akan dibawa oleh petugas Indonesia atau Saudi Arabia menuju ke pemondokan. Ini yang membuat barang jemaah sering tertinggal di bandara.

Dia pun mengimbau kepada para calon jamaah haji Indonesia yang akan turun di bandara Jeddah untuk lebih memperhatikan barang bawaan. Terutama dokumen paspor yang sangat penting.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini