nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Berihram dan Baca Niat, Jamaah Haji Perempuan Jangan Lagi Pakai Lipstik dan Body Lotion

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 23:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 24 398 2083246 sudah-berihram-dan-baca-niat-jamaah-haji-perempuan-jangan-lagi-pakai-lipstik-dan-body-lotion-CFsjh5DUiz.jpg Petugas Haji Eroh Bahiroh (Foto: Widi Agustian/Okezone)

JAKARTA - Dengan memakai pakaian ihram dan membaca niat, berarti jamaah haji sudah terikat untuk tidak melakukan hal-hal dalam berihram.

Petugas haji yang bertugas sebagai pembimbing ibadah di Bir Ali, Eroh Bahiroh menjelaskan, dirinya masih banyak melihat jamaah haji yang telah berihram dan membaca niat masih saja melakukan hal-hal yang dilarang.

Baca Juga: Bimbing Jamaah Haji Baca Niat, Ibu Eroh Sampai Serak

Dia menegaskan, setelah berihram dan membaca niat, jamaah haji, khususnya yang perempuan jangan lagi memakai lipstik, hand body lotion, pelembab apalagi parfum. "Kerudung juga harus rapi, ibu-ibu jangan sampai rambutnya ada yang keluar," tutur dia.

Ilustrasi jamaah haji

Di Bir Ali yang merupakan lokasi miqat, yakni tempat jamaah haji yang berasal dari Madinah untuk mulai berihram, jamaah haji diimbau untuk bisa tertib.

Dia menjelaskan tahapannya, setelah bus berhenti di parkiran Bir Ali, jamaah haji yang biasanya sudah mengenakan pakaian ihram sejak di hotel di Madinah agar segera berwudhu.

Setelah itu, lakukan salat sunah tahyiatul masjid lalu salat sunah ihram dan tidak lupa membaca niat ihram.

"Itu harus kita pastikan, itu tanggung jawab pembimbing ibadah," ungkap dia.

Baca Juga: Perjuangan Kadariah Bisa Naik Haji Berkat Jualan Air Galon Rebus

(Ari)

Berita Terkait

Info Haji 2019

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini