Dehidrasi Jadi Pemicu Dimensia bagi Jamaah Haji Lansia

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 17 398 2080253 dehidrasi-picu-demensia-klinik-psikiatri-kkhi-madinah-penuh-qKxrynZLZz.jpg Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah. (Foto : Widi Agustian/Okezone)

MADINAH – Demensia merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita jamaah haji yang mendapatkan pengobatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah.

Di klinik psikiatri Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, kapasitas tempat tidur yang ada di sana telah penuh.

"Dari kapasitas bed di KKHI, ada 4 bed wanita psikiatri, dan 4 bed laki-laki. Itu penuh, jadi 8 (bed-red). Tapi itu harus di-update lagi. Itu (akan) bertambah terus," kata Kepala Seksi Kesehatan Daker Madinah Edi Supriyatna di Kantor Urusan Haji (KUH) Madinah, Rabu (17/7/2019).

Edi yang juga merupakan pemimpin di KKHI Madinah melanjutkan, salah satu pemicu pasien jamaah menderita dimensia adalah karena dehidrasi.

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah. (Foto : Widi Agustian/Okezone)

"Dia datang dengan kondisi dehidrasi sehingga menyebabkan demensianya kambuh. Dengan demikian, kita sembuhkan dehidrasinya maka demensianya sembuh," ucapnya.

Demensia adalah sindrom penurunan kemampuan fungsi otak dan membuat berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir, memahami sesuatu, hingga menurunnya kecerdasan mental.

Penderita demensia umumnya akan mengalami depresi, perubahan suasana hati dan perilaku, kesulitan bersosialisasi, hingga berhalusinasi.


Baca Juga : Pesawat Garuda Pembawa Jamaah Haji Putar Balik Akibat Alasan Teknis

"Mereka mengalami disorientasi tempat dan waktu," katanya.

Demensia identik dengan pikun. Penyakit ini banyak menimpa para lanjut usia. Sementara sebanyak 63% jamaah haji Indonesia tahun ini adalah lansia.


Baca Juga : Hari Ini 20 Kloter Haji Tiba di Tanah Suci, 18 Kloter Bergerak ke Makkah

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini