nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Datang dan Pergi, Kadaker Madinah: Relatif Kondusif dan Lancar

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 18:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 16 398 2079744 jamaah-haji-datang-dan-pergi-kadaker-madinah-relatif-kondusif-dan-lancar-Lp3kpRA2PS.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Madinah Al Munawarah tidak hanya menerima kedatangan jemaah dari tanah air, tetapi juga memberangkatkan jemaah haji dari kloter awal menuju ke Makkah.

"Kalau dari tanggal 6-13 sifatnya hanya menerima jemaah, mulai tanggal 14 kemarin kami memberangkatkan jemaah dari Madinah ke Makkah," ujar Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari, Selasa (16/7/2019).

"Alhamdulillah sampai saat ini kegiatan di daerah kerja Madinah relatif kondusif dan lancar, tidak ada hambatan yang berarti," katanya.

Jauhari mengatakan bahwa hingga hari ini sudah lebih dari 62 ribu jemaah haji dari 157 kloter tiba di Madinah.

Ia mengatakan bahwa sejak tanggal 14 sampai dengan 15 Juli sebanyak 3.046 jemaah dari 7 kloter telah diberangkatkan. Menurut Jauhari, ada 5 orang yang tidak dapat berangkat ke Makkah bersama-sama dengan rombongannya. Tiga di antaranya dikarenakan sakit dan dua lagi terkendala paspor di muassasah.

Haji 2019

"Ada 3 orang yang sakit, dan 2 orang telah dievakuasi ke Makkah dengan menggunakan ambulance. Sedangkan 2 orang yang paspornya ketelingsut, kemarin sudah ditemukan paspornya dan sekarang sudah siap untuk diberangkatkan ke Makkah," imbuhnya.

Adapun jemaah haji Indonesia gelombang I yang akan diberangkatkan dari Madinah ke Makkah di hari ini, sebanyak 6.594 jemaah yang tergabung dalam 16 kloter. Mereka adalah jemaah haji asal embarkasi Solo (SOC ) kloter 1-4, Jakarta-Pondok Gede Kloter 1 (JKG 1), Jakarta-Bekasi (JKS) Kloter 2-4, Palembang kloter 1 (PLM 1), Surabaya (SUB) Kloter 3-5, Ujung Pandang kloter 1 (UPG 1), Lombok kloter 2 (LOP 2), Batam kloter 3 (BTH 3), dan jemaah asal embarkasi Padang kloter 2 (PDG 2).

Haji 2019

Di akhir wawancara, Jauhari pun menyemangati para petugas di lapangan agar tetap semangat dalam melayani jemaah haji.

"Tugas kita semakin berat, namun jangan menyerah, saya menyerukan kepada para petugas haji agar tetap semangat dalam melayani para tamu Allah," pungkasnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini