nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Antusias Borong Kurma dan Salat di Masjid Quba

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 13 Juli 2019 16:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 13 453 2078471 jamaah-haji-antusias-borong-kurma-dan-salat-di-masjid-quba-FEmXUaUDKd.jpg (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MADINAH - Jamaah haji Indonesia mulai memadati sejumlah kawasan wisata dan ziarah yang berada di Kota Madinah Al Munawarah pada Sabtu 13 Juli 2019.

Pantauan Okezone, jamaah haji Indonesia terlihat memadati Kebun Kurma Albarokah dan Masjid Quba. Kedua tempat ini memang terhitung tidak terlalu jauh dari Masjid Nabawi.

Di Kebun Kurma, selain tersaji kebun, juga tersedia berbagai jenis kurma untuk dijual dan dibawa pulang. "Kalau makan di sini, seberapa banyak pun, silahkan. Tapi jangan ada yang dikantongi dan dibawa ke bus," kata salah satu pegawai di kawasan tersebut, Abu Salam di Madinah.

Toko penyedia makanan untuk oleh-oleh ini tidak buka sampai sore, paling hanya sekira 3 jam saja bukanya. Di sini, jamaah haji Indonesia hanya diberikan waktu sekira 20 menitan untuk memilih dan membeli oleh-olah keinginannya.

Foto: Widi Agustian

Di sini, tersedia lebih dari seratus jenis kurma. Salah satu yang paling digemari jamaah haji Indonesia adalah kurma muda yang konon bisa mempermudah pasangan yang belum diberikan keturunan.

Tidak hanya itu, toko yang berada di depan kebun kurma ini juga menjadi tempat menjual kurma dan berbagai produk khas Arab Saudi lainnya, seperti coklat.

Foto: Widi Agustian

Jamaah haji Indonesia pun tampak antusias ketika berbelanja di sini. "Saya habis 200 riyal tadi. Belanja untuk oleh-oleh," kata seorang jamaah asal Bulukumba, embarkasi Ujung Panjang, Darmianti.

Selain itu, karena jarak yang relatif dekat dengan Masjid Quba, biasanya jamaah haji akan berurutan mengunjungi kedua tempat tersebut. Jamaah Indonesia pun antusias beribadah di masjid tersebut.

Foto: Widi Agustian

Masjid Quba sendiri berlokasi sekira 9 km dari Masjid Nabawi. Masjid ini merupakan masjid pertama yang didirikan Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari kota Makkah ke Madinah.

Dibangun pada 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah, Masjid Quba awalnya dibangun di sebuah kebun kurma di kampung Quba, sebelah tenggara pusat kota Madinah.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini