nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamaah Haji Dipastikan Berihram di Bir Ali

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 15:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 12 398 2078062 jamaah-haji-dipastikan-berihram-di-bir-ali-BA3DWx0byw.jpg Sekretaris Sektor Khusus Bir Ali, Basnang Said (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MADINAH - Di Bir Ali, semua jamaah haji Indonesia yang sebelumnya di Madinah dipastikan sudah berihram. Para petugas akan memastikan hal tersebut.

"Bir Ali adalah tempat memulai haji. Keshahihan ibadah haji jamaah ada di sini," kata Sekretaris Sektor Khusus Bir Ali Basnang Said di Bir Ali, Jumat (12/7/2019).

Jamaah haji yang berada di Madinah akan mulai bergeser ke Makkah pada 14 Juli 2019. Pada tanggal tersebut, ada tiga kloter pertama yang akan berangkat.

Baca Juga: Petugas Haji Amankan Jamu King Kobra hingga Sari Rapet Milik Jamaah 

Bus yang ditumpangi jamaah haji tersebut tidak akan langsung ke Makkah, tapi akan singgah terlebih dahulu di Bir Ali agar jamaah bisa berihram.

 Ilustrasi

Dia mengatakan, bus yang ditumpangi jamaah tidak akan lama berhenti di Bir Ali, hanya sekira 10 menit. Di sini, jamaah akan memakai ihram, membaca niat hingga salat sunah ihram.

Pentingnya Bir Ali sebagai lokasi miqat atau batas bagi dimulainya ibadah haji, membuat setiap bus yang berisi jamaah dari Madinah harus berhenti.

"Kita akan catat. Kita data. Bus berapa, embarkasi mana dan kloter berapa," kata dia.

Jika memang ternyata ada bus berisi jamaah yang tidak berhenti alias lewat saja, maka pihaknya akan mengambil tindakan.

"Dia harus balik ke sini (Bir Ali) kalau dia belum niat," jelas dia.

Baca Juga: Ini 3 Modus Pencurian di Masjid Nabawi, Jamaah Haji Harus Waspada

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini