nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Petugas Haji Amankan Jamu King Kobra hingga Sari Rapet Milik Jamaah

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 13:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 12 398 2078030 petugas-haji-amankan-jamu-king-kobra-hingga-sari-rapet-milik-jamaah-ye6KNoPIKM.jpg Kepala Daker Madinah Akhmad Jauhari memperlihatkan jamu-jamu yang diamankan. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

MADINAH – Kendati sering diimbau untuk membawa barang dan obat yang sesuai kebutuhan, masih ada saja jamaah haji yang "nakal" membawa barang yang tidak seharusnya dibawa, atau barang yang diperbolehkan tetapi jumlahnya tidak wajar.

Sejumlah barang yang ditemukan antara lain jamu rapet wangi dan king kobra. Juga ada rokok hingga sejumlah obat-obatan dengan jumlah yang cukup banyak.

"Barang-barang yang ada di sini (sitaan), itu secara aturan memang diperbolehkan. Hanya secara pemeriksaaan Bea Cukai ada permasalahan karena jumlahnya terlalu banyak. Makanya itu diselesaikan oleh teman-teman di Daker Bandara," kata Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari, di Kantor Urusan Haji (KUH) Madinah, Jumat (12/72019).

Baca juga: Ini Tiga Modus Pencurian di Masjid Nabawi, Jamaah Haji Harus Waspada 

Petugas amankan jamu-jamu jamaah haji. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

Dia menjelaskan, barang-barang tersebut akan diamankan oleh pihaknya. Sementara barang-barang yang memang dibutuhkan oleh jamaah haji maka akan dikembalikan.

"Kita amankan. Kita akan pilah apa yang menjadi kebutuhan jamaah itu sendiri, untuk menjaga kondisi fisik, kita akan kembalikan," kata Jauhari.

Dia menyebut ada sejumlah barang yang tidak wajar yang dibawa oleh jamaah haji.

Baca juga: Total 94.550 Jamaah Haji Gelombang I, 34% Sudah Tiba di Madinah 

Petugas amankan jamu-jamu jamaah haji. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

"Ada semacam king cobra, kemudian jamu namanya rapet wangi. Kok jamaah haji bawa rapet wangi, buat apa? Kalau bawa tolak angin, parasetamol, atau obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri, seperti ibuprofen, dan jumlahnya tidak banyak, tidak masalah," jelas dia.

"Jamaah kok bawa rapet wangi, king cobra, ini kan jadi pertanyaan," tutur Jauhari.

Ada sejumlah barang yang disita oleh petugas yang tercatat pada Jumat 12 Juli 2019, antara lain rokok 65 bungkus, jamu rapat wangi 6 dus, jamu kapsul 3 botol, dan 6 botol kecil, Extra Joss 6 bungkus, dan Hemaviton 129 sachet.

Lalu ada super tetra 20 sachet, tongkat bendera 161 bungkus, dan king kobra 655 bungkus.

Petugas amankan jamu-jamu jamaah haji. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini