Share

Pesan untuk Jamaah Haji: Jangan Bawa Uang Berlebih dan Jangan Percaya Orang Asing

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 11 600 2077625 pesan-untuk-jamaah-haji-jangan-bawa-uang-berlebih-dan-jangan-percaya-orang-asing-RopJmcmjpI.jpg Jamaah Haji (Foto: Widi/Okezone)

MADINAH - Ada dua hal yang ditekankan oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Akhmad Jauhari untuk jamaah haji, jangan bawa uang berlebihan dan jangan percaya kepada orang asing

"Sebelum jamaah tiba, kita sudah sosialisasikan bagaimana jamaah menjaga barang-barangnya," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Akhmad Jauhari di Kantor Urusan Haji (KUH) Madinah, Kamis (11/7/2019).

Dia menjelaskan, jangan merasa ini Tanah Suci lantas tidak ada kejahatan yang terjadi. Pasalnya, sudah beberapa kali terjadi jamaah mengalami kehilangan uang.

Jamaah Haji

"Jangan bawa uang berlebihan. Kalau mau belanja pun bawa uang secukupnya saja," tutur dia.

Selain itu, dia meminta agar jamaah tidak percaya kepada orang asing. Khususnya yang menawarkan jasa penitipan barang berharga.

Baca Juga: Siklus Menu Jamaah Haji dengan Rumus 2-3-4-5

"Apalagi kalau jamaah itu sendirian dan belum familiar dengan lingkungan Madinah. Ini yang menjadi incaran," ucap dia.

Jamaah, kata dia, harus mencari sosok yang tepat jika ingin meminta tolong, yakni kepada petugas haji. "Silahkan percaya kepada petugas haji. Mereka memakai seragam, rompi dan id card. Ketika bertemu petugas, silahkan sampaikan keluhan," ungkap dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini