nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pos Pelayanan Haji di Makkah Sudah Siap

Widi Agustian, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 22:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 07 453 2075814 pos-pelayanan-haji-di-makkah-sudah-siap-4v2fJGI11p.jpg Kadaker Makkah Subhan Cholid (ketiga dari kiri) bersama tim melakukan koordinasi eksternal. (Foto: Ist/kemenag.go.id)

JAKARTA – Pos Pelayanan Haji Daerah Kerja Makkah sudah siap. Hal ini dikemukakan Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Subhan Cholid di Makkah. Subhan yang telah bertolak ke Makkah bersama Tim Advance sejak 1 Juli 2019 menyampaikan pihaknya telah melakukan pembagian pos petugas serta pengecekan awal fasilitas haji di Makkah.

"Sejak Tim Advance tiba di Saudi, selain koordinasi internal dan eksternal, kita melakukan konfigurasi penempatan petugas, baik di daker maupun sektor. Kami juga melakukan pengecekan hotel jamaah, kesiapan transportasi, dan sebagainya," tutur Subhan, Minggu (7/7/2019).

Baca juga: Mudahkan Jamaah Haji, Kemenag Minta Sopir Bus di Arab Saudi Orang Indonesia 

Ia menuturkan, pada musim haji 1440 hijriah/2019 masehi jumlah petugas PPIH yang akan bertugas di Makkah berjumlah 1.203 orang. "Mereka akan dibagi pada Kantor Daker, 11 sektor, satu sektor khusus Haram, KKHI, 4 terminal, serta 9 layanan rute bus salawat," terang Subhan.

Dia menambahkan, petugas haji Daker Makkah akan diberangkatkan dari Indonesia dalam dua gelombang pada 9 dan 10 Juli. "Setibanya di Makkah, mereka akan langsung menempati pos masing-masing dan segera mempersiapkan pelayanan bagi jamaah haji," tuturnya.

Jamaah haji di Kota Makkah. (Foto: Ist)

Berdasarkan data Siskohat, hingga Minggu pukul 12.00 waktu Arab Saudi, tercatat sebanyak 2.036 jamaah haji Indonesia disertai petugas kloter telah mendarat di Bandara AMMA Madinah. "Jamaah direncanakan mulai memasuki Kota Makkah pada 14 Juli, dan akan ditempatkan berdasarkan pembagian zonasi," jelas Subhan.

Menurutnya, tahun ini pemerintah telah menyediakan 173 hotel yang berada pada tujuh zonasi dan terbagi dalam 11 sektor. "Di Makkah, jamaah juga akan mendapat layanan bus salawat yang terdiri dari sembilan rute yang dioperasikan oleh dua perusahaan," ujarnya.

Baca juga: Gedung Baru Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah Lebih Memadai 

Subhan mengaku layanan-layanan tersebut telah siap untuk beroperasi. Termasuk layanan katering yang akan dikelola 36 perusahaan maupun layanan angkutan antarkota. "Insya Allah semua siap beroperasi untuk melayani jemaah haji Indonesia," kata Subhan.

Ia pun mengimbau agar petugas dan jamaah haji menyiapkan diri untuk menghadapi cuaca panas di Kota Makkah. "Suhu di Kota Makkah hari ini berkisar 35–47 derajat Celsius," tutupnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini