nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usia 93 Tahun, Ini Kisah Mbah Sukinah Jamaah Haji yang Punya 24 Cucu & 20 Cicit

Widi Agustian, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 18:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 07 398 2075776 usia-93-tahun-ini-kisah-mbah-sukinah-jamaah-haji-tertua-asal-magetan-XT6iBY4kTA.jpg Sukinah, jamaah haji berusia 93 tahun (Foto: Widi/Okezone)

MADINAH - Wajahnya yang berkeriput terlihat lelah usai menempuh perjalanan selama lebih dari sembilan jam di pesawat. Semua itu dia lakukan demi menjalankan Ibadah haji.

Usia Mbah Sukinah sudah 93 tahun. Mbah merupakan ibu dari sembilan anak, nenek dari 24 cucu dan tentunya Mbah bagi 20 cicitnya.

"Mau doakan semua. Biar lancar semua. Biar rejekinya panjang," ucap Mbah Sukinah saat ditanya apa doa yang mau dipanjatkan di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW ini.

Mbah Sukinah masuk dalam kloter pertama dari Embarkasih Surabaya. Mbah yang berasal dari Magetan ini merupakan salah satu dari 1.800 jamaah haji yang pertama tiba di Madinah. Dia daftar haji pada 6 tahun lalu.

Jamaah haji berusia 93 tahun (foto: Widi/Okezone)

Padahal, beberapa waktu sebelum Mbah terbang dari Indonesia, dirinya sempat sakit hingga dirawat.

"Kemarin itu Ibu sakit. Sampai diopname karena gangguan lambung. Kemarin itu kita sudah ikhlas (tidak berangkat karena sakit). Eh mendekati berangkat malah lebih sehat," ucap Sunarti, anak ketiga Mbah Sukinah.

Sunarti yang kini berusia 67 tahun bercerita, Mbah merupakan sosok yang memiliki kemauan yang besar dan tidak mudah patah semangat. Sunarti menyebut, Mbah memang mengaku sakit pinggangnya akibat terlalu lama duduk di pesawat, tapi hal itu tampaknya tidak menyurutkan semangatnya beribadah di Tanah Suci.

"Biasanya tenggorokannya sakit. Dada juga biasanya panas. Tapi sampai sini enggak. Alhamdulillah," kata Sunarti.

Sunarti bercerita, Mbah merupakan sosok single mother bagi dia dan saudara-saudaranya. Suami Mbah, seorang pemilik usah furniture yang telah tutup itu meninggal pada 1977. Sejak itu, Mbah membuka usaha warung kelontong hingga jual kain.

"Ibu menyelokalahkan anak-anaknya sendiri," kisah Sunarti.

Dia berseloroh, walau usia Mbah kian dekat 1 abad, tapi daya ingatnya masih normal. Hanya, kata dia, kemampuan pendengaran dan matanya berkurang terkikis usia.

Baca Juga: Jamaah Haji Lansia Diingatkan Tidak Lupa Bawa Alat Pelindung Diri

Jamaah haji berusia 93 tahun (foto: Widi/Okezone)

Dan memang, ketika ditanya berapa jumlah anak, cucu dan cicitnya, Mbah menjawb dengan sempurna. "Anak 9, cucu 24 , cicit 20," kata Mbah saat dikonfirmasi.

Ketika apa nasihat Mbah untuk anak-anak muda, dia menegaskan hidup harus jujur dan ikhlas.

"Pokoknya harus jujur, agar hidup dimuliakan. Percaya sama Allah, harus ikhlas ikuti petunjuk-Nya," jawab Mbah dalam bahasa Jawa.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini