Share

Jamaah Haji Lansia Diingatkan Tidak Lupa Bawa Alat Pelindung Diri

Widi Agustian, Jurnalis · Minggu 07 Juli 2019 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 07 398 2075729 jamaah-haji-lansia-diingatkan-tidak-lupa-bawa-alat-pelindung-diri-em7MMXfs4z.jpg Koordinator TGC Erwinsyah Erick (Foto: Widi/Okezone)

MADINAH - Sebanyak 63 persen dari jamaah haji Indonesia pada tahun 2019 ini merupakan lanjut usia atau lansia. Untuk itu, para lansia harus memperhatikan beberapa hal.

Koordinator Tim Gerak Cepat (TGC) dr Erwinsyah Erick memaparkan, suhu yang panas di Arab Saudi menjadi tantangan tersendiri bagi para lansia. Seperti diketahui, suhu di Arab Saudi sendiri mencapai lebih dari 40 derajat celsius.

Dia bercerita, umumnya para lansia ini gemar ke masjid, termasuk Masjid Nabawi saat berada di Madinah. Dia mengingatkan, jangan sampai jamaah terlupa membawa alat pelindung diri (APD).

"Bawa juga botol spray. Disemprot tiap 5-10 menit. Karena panas membuat cepat kering," kata di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Minggu (7/7/2019).

Ilustrasi

Baca Juga: Persiapan Ibadah Haji Bukan Proses Instan, Ini 3 Tahapannya

Selain itu, jamaah haji khususnya yang lansia harus sering minum air putih. "Setiap setengah jam harus minum," jelas dia.

Dirinya mengatakan, ada empat penyakit bawaaan yang harus diwaspadai oleh jamaah haji. Salah satunya adalah dimensia yang biasa dialami lansia. "Ini yang harus kita waspadai," kata dia.

Sementara tiga penyakit lainnya yang harus diwaspadai adalah hipertensi, diabetes dan asma. "Karena itu jangan lupa bawa obat," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini