Share

9 Jam Terbang ke Tanah Suci, Jamaah Haji Bisa Lakukan Hal-Hal Berfaedah Ini

Widi Agustian, Jurnalis · Sabtu 06 Juli 2019 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 600 2075010 9-jam-terbang-ke-tanah-suci-jamaah-haji-bisa-lakukan-hal-hal-berfaedah-ini-4023Lbyev0.jpg Jamaah haji Indonesia. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

JAKARTA – Penerbangan ke Arab Saudi yang membutuhkan waktu sekira sembilan jam menjadi tantangan tersendiri bagi jamaah haji Indonesia. Jamaah haji harus kreatif agar "killing time" berjalan lancar.

Pengalaman Okezone yang baru saja tiba di Tanah Suci, ada beberapa hal menarik yang jamaah haji bisa lakukan untuk mengantisipasi panjangnya durasi penerbangan tersebut:

Baca juga: Jangan Sampai Bongkar Koper Gara-Gara Power Bank

1. Tidur

Ini merupakan cara ampuh yang bisa digunakan jamaah haji melalui waktu penerbangan. Tetapi, apa mungkin sepanjang perjalanan hanya tidur?

2. Membaca Alquran

Membaca kitab suci Alquran bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi jamaah haji, terlebih bisa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Jamaah haji Indonesia. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

3. Menghafal doa-doa haji

Doa-doa haji memang banyak yang bersifat sunah, tapi sangat baik untuk dibaca. Nah, karena ada waktu luang di pesawat, bisa dimanfaatkan untuk menghafal doa-doa haji yang memang jumlahnya tidak sedikit itu.

Baca juga: Petugas Haji Diminta Teladani Empat Sifat Rasulullah

4. Menikmati fasilitas yang disediakan di dalam pesawat

Umumnya maskapai menyediakan "televisi mini" yang berisi berbagai fasilitas, mulai film terkini, sederet games, hingga menyimak Alquran. Melalui teknologi layar sentuh, jamaah haji bisa memilih apa yang dikehendaki.

5. Mengobrol

Kadang mengobrol dengan teman baru yang duduknya bersebelahan di kursi pesawat bisa mengasyikan untuk melalui waktu penerbangan yang panjang. (han)

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini