Share

Sekjen Kemenag: Pelaksanaan Manasik Jangan Hanya Administratif Saja

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 24 600 2070056 sekjen-kemenag-pelaksanaan-manasik-jangan-hanya-administratif-saja-5tnRpUYMPg.jpg Sekjen Kemenag Nur Kholis. (Foto: Widi Agustian/Okezone)

JAKARTA - Manasik haji yang baik dan benar menjadi fokus Kementerian Agama (Kemenag). Menurut Sekretaris Jenderal Kemenag M Nur Kholis Setiawan, manasik merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan proses ibadah haji.

"Pelaksanaan manasik haji harus betul-betul. Jangan sampai hanya administratif saja," ungkap Nur Kholis dalam acara Pembekalan Petugas Media Center Haji 1440H/2019M di Kantor Kemenag, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Dia menegaskan, haji merupakan ibadah yang sangat penting. Di mana ibadah ini, termasuk rukun Islam yang akan menyempurnakan Islam setiap muslim.

Foto: Widi Agustian

Manasik ini, kata dia, akan menjadi panduan yang lengkap bagi jamaah. Dengan manasik, jamaah diharapkan bisa memahami haji, baik dari sisi spiritualitas maupun teknis pelaksanaan secara baik dan benar.

"Haji itu adalah perjalanan yang paripurna. Bukan jalan-jalan," kata dia.

Dia menjelaskan, pihaknya akan memfokuskan perhatian terhadap pola jamaah haji, yakni bagaimana jamaah haji menjalankan ibadahnya di Tanah Suci.

"Untuk itu manasik harus bisa berjalan dengan baik," ucap dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini