alexametrics

Ini 9 Rute Bus Sholawat untuk Jamaah Haji RI

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa, 7 Mei 2019 - 19:05 wib
((Foto: Sindonews))

JAKARTA - Pemerintah telah menyelesaikan proses kontrak kerja sama dengan dua perusahaan bus di Arab Saudi untuk pelayanan bus sholawat yang bakal melayani jamaah haji Indonesia. Kedua perusahaan itu adalah Saptco dan Rawahil Armada.

“Total ada 463 armada bus yang akan disiapkan. Bus-bus tersebut akan beroperasi bertahap sesuai kedatangan jemaah haji Indonesia di Makkah,” kata Kasubdit Transportasi Subhan Cholid dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

 

Dia melanjutkan, seluruh armada tersebut akan digunakan untuk memberikan pelayanan Shalawat pada menjelang masa puncak haji.

"Ketika seluruh jemaah haji Indonesia sudah di Makkah,” lanjutnya.

Baca Juga: Hindari Heat Stroke, Jamaah Haji Bakal Disajikan Air Zamzam Dingin

Menurut Cholid, total pengguna bus shalawat diperkirakan mencapai 216.660 orang. Selama masa operaisional, bus shawalat akan berputar dari hotel jemaah menuju Masjidil Haram dan sebaliknya secara berkelanjutan.

“Total putaran layaan bus shawalat diperkirakan mencapai 573.750 putaran,” tuturnya.

Subhan menambahkan bahwa ada sembilan rute dengan empat terminal bus shalawat yang berada di sekitar Masjidil Haram, yaitu: (1) Jamarat - Mahbas Jin - Bab Ali; (2) Syisyah - Syib Amir; (3) Syisyah Raudhah - Syib Amir; (4) Syisyah 1 - Syib Amir; (5) Syisyah 2 - Syib Amir; (6) Raudhah - Syib Amir; (7) Jarwal - Syib Amir; (8) Misfalah – Jiad; dan (9) Rea Bakhsy – Jiad.

“Total ada 56 halte sebagai tempat jemaah saat akan naik dan turun dari bus shawalat,” tandasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini