nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudahkan Jamaah Haji, Kemenag Minta Sopir Bus di Arab Saudi Orang Indonesia

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 06 Mei 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 06 453 2052200 mudahkan-jamaah-haji-kemenag-minta-supir-bus-di-arab-saudi-orang-indonesia-N2twzRUkew.jpg (Foto: Kemenag)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah menandatangani kontrak dengan delapan perusahaan transportasi Arab Saudi untuk melayani jamaah haji 2019. Delapan perusahaan tersebut akan menyediakan bus untuk transportasi antar-kota dan untuk salawat.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis meminta kepada perusahaan agar menyediakan pengemudi yang berasal dari Indonesia sehingga dapat memudahkan jemaah untuk berkomunikasi.

“Kami minta supir orang Indonesia sehingga bisa mudah berkomunikasi dengan jemaah. Dan juga anda larang sopir bis minta uang tip kepada Jemaah,” tegas Sri Ilham Lubis dalam keterangan tertulisnya yang diterima Okezone, Senin (6/5/2019).

Baca juga: Manajemen Haji Indonesia Paling Baik dan Termurah di Dunia

Staf Teknis Haji / Konsul Haji Endang Jumali menambahkan, awak perusahaan transportasi dilarang keras memungut uang kepada jemaah. Dalam kontrak sudah ditegaskan, tidak ada pungutan dalam bentuk apapun.

“Kami melarang pungutan dalam bentuk apapun dan kami juga tidak memungut uang. Dan kami tidak mengharapkan apapun dari kalian (gratifikasi) dan ini yang kami larang keras,” tegas STH.

Baca Juga: Hindari Heat Stroke, Jamaah Haji Bakal Disajikan Air Zamzam Dingin


Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali mengapresiaisi perusahaan transportasi yang telah menjadi mitra dengan pemerintah Indonesia dalam pelayanan Jemaah haji, dan menjalankan tugas sesuai kontrak. Hal ini merupakan salah satu aspek penting dalam pelayanan.

“Kami sangat mengapresiasi para mitra perusahaan transportasi yang telah menjalankan tugas sesuai kontrak. Karena hal ini merupakan salah satu aspek penting dalam pelayanan kepada Jemaah haji,” pungkas Dirjen PHU.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini