alexametrics

Layani Transportasi Jamaah Haji, 8 Perusahaan Transportasi Arab Saudi Teken Kontrak

Widi Agustian, Jurnalis · Senin, 6 Mei 2019 - 16:53 wib
((Foto: Kemenag))

JAKARTA - Penyediaan layanan transportasi darat untuk jemaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah sampai fase akhir. Kesepakatan pun telah dilakukan antara pihak pemerintah Indonesia dengan perusahaan transportasi di Arab Saudi.

Penandatangan kontrak layanan transportasi dilakukan antara Pembantu Staf Teknis Haji 1 (P-STH 1) KJRI Jeddah yang juga PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Amin Handoyo dengan perwakilan delapan perusahaan pelayanan transportasi di Jeddah.

Dalam acara itu, hadir Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar Ali, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Staf Teknis Haji / Konsul Haji Endang Jumali, serta Pembantu Staf Teknis Haji 2 Suryo Panilih.

Baca juga: Manajemen Haji Indonesia Paling Baik dan Termurah di Dunia

Delapan perusahaan ini nantinya akan melayani angkutan antar kota dan salawat. Ada beberapa rute perjalanan antar kota perhajian, yaitu: Madinah ke Makkah, Jeddah ke Makkah, Makkah ke Madinah, dan Makkah ke Jeddah.

Ada 6 perusahaan bus yang akan dioperasikan untuk melayani jemaah haji Indonesia dalam perjalanan antar kota perhajian, yaitu: Hafil, Rawahil Al Mashaer Co, Abu Sarhad, Durrat Al Munawwarah Transport Co, Al Massa Al Mutamayezh Transport, Rabitat Makkah Co.

Adapaun salawat, adalah layanan bus pergi pulang dari hotel ke Masjidil Haram, Makkah. Bus ini akan disiapkan oleh 2 perusahaan Bu yaitu: Saptco dan Rawahil Armada yang akan disiapkan untuk pelayanan Shalawat pada masa puncak berjumlah 448 bus per hari.

Baca Juga: Hindari Heat Stroke, Jamaah Haji Bakal Disajikan Air Zamzam Dingin

STH yang juga Konsul Haji Endang Jumali mengingatkan perwakilan perusahaan transportasi agar menyediakan pengemudi bis yang ramah dan juga pelayanan yang baik. “Apabila ada kesulitan dan memerlukan bantuan dari kami silahkan (hubungi kami). Kami ada kantor di Makkah dan Madinah sehingga kami bisa membantu menyelesaikan masalah-masalah yang anda hadapi,” kata Konsul Haji dalam keterangan tertulisnya yang diterima Okezone, Senin (6/5/2019)

"Seluruh bus yang digunakan untuk melayani jemaah haji Indonesia adalah bus dengan kondisi terbaik, sudah di-upgrade," sambungnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini