nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembekalan Sukses, Tingkat Pemahaman Petugas Haji 2019 Meningkat

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 10:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 02 398 2050484 pembekalan-sukses-tingkat-pemahaman-petugas-haji-2019-meningkat-xLRmHi72xX.jpg Petugas Haji (MCH 2019)

JAKARTA - Pembekalan petugas haji 2019 dinilai telah berhasil. Buktinya, tingkat pemahaman para petugas haji tersebut telah meningkat.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M Ahmad Jauhari dalam acara penutupan di Asrama Haji Pondok Gede, Kamis (2/5/2019).

 Baca juga: Seluruh Hotel Jemaah Indonesia Berada Dekat Masjid Nabawi

"Tingkat pemahaman peserta melalui pretest dan post test, pretest (skor) kisaran 49-70, post test hari terakhir 60-90. Dengan demikian proses pembekalan telah meningkatkan pemahaman peserta yang semula tidak tahu menjadi tahu," kata dia.

 Petugas Haji

Dia menjelaskan, berbekal pemahaman yang didapat dalam 10 hari terakhir ini, diharapkan bisa dijadikan dasar peserta untuk menjadi petugas haji.

 Baca juga: Pintu Raja Abdul Aziz di Masjidil Haram Akan Dibuka untuk Menyambut Ramadan

Dia memaparkan, acara ini merupakan rangkaian proses seleksi dalam rangka membentuk petugas yang mempunyai komitmen kompetensi dlm menjalankan tugas.

"Dalam 10 hari proses pembekalan terintegrasi bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Dia menjelaskan, peserta pembekalan adalah calon petugas haji dari Kemenag, Kemenkes, instansi terkait (TNI/Polri/lainnya).

 Baca juga: Hari Pertama Pelunasan Tahap II, 1.536 Jamaah Haji Lunasi BPIH

"Materi pembekalan dalam 10 hari terkait kebijakan meliputi kebijakan umum haji, teknis pelayanan haji, pelayanan kesehatan haji, building comitment service," ungkap dia.

Sementara itu, teknis bidang tugas meliputi akomodasi, konsumsi, transportasi, bimbad, dan kesehatan. Juga dilakukan gladi posko untuk simulasi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini