nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Mulai Kumpulkan Paspor Jamaah Haji untuk Urus Visa

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 01 Mei 2019 19:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 01 398 2050338 kemenag-mulai-kumpulkan-paspor-jamaah-haji-untuk-urus-visa-8iMsiGg2vB.jpg Direktur Pelayanan Haji Dalam negeri Kemenag Muhajirin Yanis (Foto: Widi/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mulai mengumpulkan paspor jamaah haji pada pekan ini. Hal ini dilakukan untuk mengurus visa jamaah haji tersebut.

"Maka mulai minggu ini kami sudah akan mengumpulkan paspor ke Jakarta," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Muhajirin Yanis di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Dia menuturkan, pengumpulan paspor ini akan dilakukan secara terorganisir, yakni dimulai dari kabupaten/kota dikolektif ke tingkat provinsi dan terakhir di tingkat pusat.

"Dari semua yang sudah selesai paspor untuk tiap-tiap kabupaten kota untuk kita lakukan scan setelah itu kemudian kita akan ajukan ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mendapatkan visa," beber dia.

Baca Juga: Hari Pertama Pelunasan Tahap II, 1.536 Jamaah Haji Lunasi BPIH

Haji

Dia menargetkan, visa untum jamaah haji ini kelar sebelum jadwal keberangkatan jamaah. Sebagai informasi, penerbangan pertama gelombang I jamaah haji pada 7 Juli 2019.

"Kita harapkan bisa segera selesai sehingga pada waktunya jamaah haji untuk gelombang I sudah memiliki visa semua," kata dia.

Di sisi lain, pengumpulan paspor ini diperlukan Kemendag untuk merancang sistem TI berbasis wilayah.

"Ini tentu harus berjalan beriringan antara paspor pengurusan visa yang harus didahulukan tentu yang sudah siap dan terutama paspor-paspor yang kita selesaikan visanya adalah bagi mereka nanti yang akan terjadwal berangkat pada gelombang I," ungkap dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini