nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Direktur Bina Haji: Tidak Mudah Jadi Petugas Haji

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 30 April 2019 12:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 30 398 2049771 direktur-bina-haji-tidak-mudah-jadi-petugas-haji-eJtkaHVHOP.jpg Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir (Foto: Widi Agustian/Okezone)

JAKARTA - Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi Dasir menegaskan, bukan perkara yang enteng menjadi petugas haji. Apalagi, bila melihat proses penetapan petugas haji.

"Menjadi petugas haji itu tidak mudah. Perlu keseriusan," jelas Khoirizi dalam Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

 Baca juga: Mengintip Sigapnya Petugas Haji dalam Simulasi Gladi Posko

Dia juga menyatakan, proses rekrutmen petugas haji dilakukan secara profesional dan tidak dilandaskan pada faktor kedekatan. "Kalau ada yang kenal, itu cuma kebetulan saja," ungkap dia.

 Petugas Haji gladi posko (MCH 2019)

Secara kasat mata, dia menyebut, menjadi petugas haji sekilas memang tampak mudah. Tapi, dia menjelaskan proses rekrutmen dan pembekalan terintegrasi menepis kabar itu.

 Baca juga: Rapat di Tanah Suci, Menag-Menkes-Menko PMK Bahas Tambahan Kuota Haji

"Perlu pembekalan untuk petugas, perlu manasik. Tanpa itu nonsense. Tanpa itu tidak mungkin," jelas dia.

Dalam simulasi gladi posko yang dihelatkan hari ini, dirinya mengatakan, petugas akan menyadari tugasnya bukan hal yang mudah.

"Dengan 1.200 orang, kamu lihat banyak masalah yang terjadi. (Masalah) itu akan kamu temui di sana," ungkapnya.

 Baca juga: Pelunasan BPIH Tahap Kedua Dimulai Besok

Dia mengatakan, selepas dari pembekalan terintegrasi ini, para petugas yang akan bertugas di Arab Saudi ini diharapkan 100% mengerti dan paham tugas apa yang harus dilaksanakannya.

"Harus paham 100%, kalau tidak berarti gagal," singkat dia.

 

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini