alexametrics

Mengintip Sigapnya Petugas Haji dalam Simulasi Gladi Posko

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa, 30 April 2019 - 09:53 wib
(Gladi Posko (MCH 2019))

JAKARTA - Seorang jamaah haji perempuan asal embarkasi Jakarta itu turun dari bus sambil berteriak. Tampaknya dia merasa sangat tidak nyaman dalam perjalanan.

Situasi yang tidak nyaman dan letih akibat keterlambatan penerbangan dan kondisi bus yang tidak fit membuatnya sedikit tertekan.

"Lama. Panas di bus. Mana AC-nya, katanya ada AC di bus," teriak perempuan yang sudah berusia lanjut tersebut.

Baca juga: Pelunasan BPIH Tahap Kedua Dimulai Besok

 Gladi posko (MCH 2019)

Para petugas pun dengan sigap menenangkan sang jamaah. Sementara petugas lainnya mencatat identitas bus, baik itu nomor plat kendaraan, hingga nama dan nomor telepon sopirnya.

Kira-kira begitulah skenario yang harus dihadapi para petugas haji dalam acara simulasi gladi posko.

Para petugas haji Arab Saudi tidak hanya menerima teori dalam acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M. Para PPIH ini juga diberikan simulasi pelayanan haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

 Baca juga: Jamaah Haji Hilang Paspor, Jangan Lapor Polisi Arab Saudi!

Simulasi yang dirangkai dalam acara gladi posko ini dibuat untuk memberikan gambaran kepada petugas akan situasi dN kondisi di Tanah Suci.

"Gladi posko untuk mengetahui kemampuan petugas mengaplikasikan fungsinya," jelas Direktur Bina Haji Kementerian Agama Khoirizi, Selasa (30/4/2019).

 Direktur Bina Haji Khoirizi H Dasir (MCH 2019)

Dengan gladi posko ini, kata dia, para petugas haji yang bertanggung jawab atas transportasi, akomodasi hingga perlindungan jamaah akan mengetahui dan menyadari potensi masalah yang mungkin terjadi.

Master of Traning Affan Rangkuti menjelaskan, gladi posko ini digelar sebagai sarana edukasi dan ilustrasi bagi para petugas haji.

 Baca juga: Biaya Haji Berpeluang Naik Tahun Depan

"Kalah bicara gladi posko, tidak lepas dari hal tersebut. Fungsinya untuk edukasi dan menjadi bahan ilustrasi bagi dirinya," papar dia.

 Master of Training Affan Rangkuti (MCH 2019)

Menurutnya, simulasi gladi posko ini akan memberikan sekira 70% pemahaman petugas haji atas tugas yang akan diembannya di Arab Saudi.

"Sisanya yang 30% bisa dilengkapi petugas dengan berselancar informasi sendiri," kata dia.

Sekretaris Daker Madinah Muh Rusdi mengatakan, pada umumnya petugas yang tergabung dalam PPIH tersebut sudah siap melayani kedatangan jamaah sesuai dengan bidang tugasnya.

Berbagai skenario akan dimainkan dalam gladi posko ini. Misalnga kedatangan jamaah dengan penuh kelelahan, bagaimana proses akomodasi di hotel harus baik.

"Di sini, peran teman-teman harus memainkannya dengan baik. Ini dilakukan untuk meminimimalisir masalah yang terjadi," kata dia.

Gladi posko ini aman menampilkan berbagai skenario waktu dan lokasi, baik itu Gelombang 1 maupun untuk Gelombang 2.

Gladi posko ini juga akan menyajikan situasi mulai dari kedatangan jamaah, puncak haji di Azmuna (Arafah, Muzdalifah dan Mina) hingga fase kepulangan jamaah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini