nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag: Manajemen Haji Indonesia Paling Baik dan Termurah di Dunia

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 26 398 2048454 kemenag-manajemen-haji-indonesia-paling-baik-dan-termurah-di-dunia-zirvepIPA6.jpg Kepala Biro Perencanaan Kemenag Ali Rokhmad (Foto: MCH 2019)

JAKARTA  Kementerian Agama (Kemenag) menyebut manajemen penyelenggaraan haji Indonesia adalah yang paling baik dan paling murah di dunia.

"Biaya penyelenggaraan haji Indonesia paling murah," kata Kepala Biro Perencanaan Kemenag Ali Rokhmad dalam acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

(Baca Juga: Hindari Heat Stroke, Jamaah Haji Bakal Disajikan Air Zamzam Dingin)

Dia menjelaskan, dengan rata-rata biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) di Indonesia adalah Rp35,23 juta per jamaah. "Tapi nanti lihat, dengan hanya membayar segitu, betapa nikmatnya jamaah haji di Tanah Suci," kata dia.

Pembekalan petugas haji

Saat ini, Kemenag terus melakukan peningkatan kualitas fasilitas-fasilitas haji di Tanah Suci. Mulai dari sisi konsumsi dan transportasi yang akan lebih baik, begitu juga sisi pemondokan.

"Sekarang ini, tenda saja sudah ber-AC," ujarnya.

Dalam manajemen penyelenggaraan haji, dia mengatakan, salah satu unsur paling penting adalah petugas. "Unsur paling penting untuk mensuksesan haji mabrur adalah petugas. Kalau petugas sukses, hajinya juga akan sukses," kata dia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini