nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Kesehatan, Jamaah Haji Jangan Foto Selfie dengan Unta

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 25 April 2019 08:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 25 600 2047775 demi-kesehatan-jamaah-haji-jangan-foto-selfie-dengan-unta-UBiylIWckt.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Jamaah haji perlu memperhatikan kesehatan dalam menjalankan ibadah di Tanah Suci. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap sehat dan fit selama menunaikan Haji.

Kasubdit Fasilitas Pelayanan Kesehatan Haji Kemenkes dr. Edi Supriyatna mengimbau jamaah untuk menghindari aktifitas berlebihan yang dapat menyebabkan memburuknya kondisi kesehatan.

Jamaah juga harus minum obat secara teratur sesuai dengan penyakitnya. "Bagi jamaah haji yang memiliki gelang Risti Orange agar dapat memeriksakan diri secara teratur kepada dokter kloternya minimal dua kali dalam seminggu," kata dia dalam acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H/2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Foto: Kemenag

Jamaah juga diimbau makanā€makanan bergizi, gunakan payung saat berada di luar pondokan dan semprotkan air ke wajah dan bagian tubuh yang terbuka.

Minum air putih sering juga sangat dianjurkan, begitu juga dengan menggunakan masker. Jamaah juga jangan lupa gunakan alas kaki jika berada di luar ruangan.

"Jamaah juga harus hindari kontak langsung dengan unta, seperti foto bersama unta dan minum susu unta langsung di peternakan," kata dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini