alexametrics

Jamaah Asal Aceh Ditemukan Meninggal saat Salat di Raudhah Masjid Nabawi

Amril Amarullah, Jurnalis · Senin, 17 September 2018 - 19:04 wib
(Foto: Okezone)

MADINAH - Malam itu, Sabtu 15 September 2018 sekira pukul 20.15 WAS kabar duka datang dari Madinah, Arab Saudi, dimana seorang jamaah haji perempuan asal Aceh Selatan meninggal dunia saat beribadah di area Raudhah (taman surga), Masjid Nabawi.

Kabar meninggalnya perempuan bernama Zulbaidah Mak Abad (61), itu datang dari salah seorang petugas sektor khusus Masjid Nabawi, Jasaruddin. Dalam keterangannya kepada tim Media Center Haji (MCH), Jasaruddin menjelaskan bahwa Zulbaidah yang merupakan jamaah dari Kloter 09 BTJ ini, meninggal ketika sedang melaksanakan salat sunnah di area Raudhah, disaat takbiratul ihram.

Setelah takbir, sambung Jasaruddin, perempuan tersebut tiba-tiba terkulai lemas dan terjatuh. Melihat almarhum terjatuh, sejumlah askar wanita di Masjid Nabawi yang dibantu petugas tenaga musiman (Temus) dari Indonesia mencoba memberikan pertolongan.

"Hanya saja menurut pengakuan teman satu kamarnya yang juga ikut membantu memberikan pertolongan, saat diangkat perempuan tersebut sudah tidak tertolong lagi (meninggal dunia)," ujar Jasaruddin, Senin (17/9/2018).

Jasaruddin yang mengetahui kabar tersebut, bersama Tim Gerak Cepat (TGC) langsung menuju lokasi dan membantu mengevakuasi almarhumah ke mobil ambulans.

"Subhanallah...almarhumah terlihat putih bersih, muka bercahaya dan tersenyum," kenang Jasaruddin saat itu.

Jasaruddin mengatakan, menurut keterangan dari tim dokter kloter, perempuan di Madinah seorang diri, karena 14 hari sebelumnya suaminya bernama Muhammad Hasan Amin pun meninggal dunia di Makkah, karena sakit yang derita di RS Arab Saudi, Makkah.

Zulbaidah kini sudah dimakamkan di kuburan Baki, sebuah lokasi pemakaman umum yang berdeketan dengan Masjid Nabawi, begitupun suaminya di makamkan di tempat yang sama.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini