alexametrics

Hari Ini, Seluruh Jamaah Indonesia Tinggalkan Makkah

Amril Amarullah, Jurnalis · Minggu, 16 September 2018 - 15:51 wib
(Ilustrasi jamaah haji. (Foto: Okezone))

MADINAH – Jamaah haji gelombang II Makkah mulai meninggalkan Kota Makkah pada Minggu 16 September 2018 sore. Sebanyak 4.494 dari 13 kloter terakhir akan menuju Madinah untuk melaksanakan sunah arbain di Masjid Nabawi.

Bukan itu saja, hari ini juga menandai berakhirnya masa kerja petugas haji Indonesia di Kota Suci Makkah, dan selanjutnya besok, Senin 17 September, seluruh petugas Daker Makkah akan diterbangkan ke Tanah Air.

Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan, ke-13 kloter pamungkas itu diangkut ke Kota Nabi menggunakan 105 bus.

"Dengan pemberangkatan 13 kloter terakhir ini, operasional bus salawat secara resmi dihentikan. Seluruh petugas haji di Makkah pada Senin 17 September akan meninggalkan Makkah menuju Tanah Air via Bandara King Abdul Aziz Jeddah," kata Subhan Cholid di Makkah, Minggu (16/9/2018).

PPIH akan menyiapkan 8 bus di Kantor Urusan Haji Daerah Kerja (Daker) Makkah dan 3 bus di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah untuk membawa Petugas Haji ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Total petugas yang akan pulang ke Tanah Air sebanyak 426 orang.

Terkait pemberangkatan ke Madinah, Kloter JKS 95 sebanyak 410 orang mengawali pergerakan ke Kota Nabi pukul 05.00 WIB dari Hotel Nazrah, kawasan Syisyah, Makkah.

Satu jam kemudian, Kloter SOC 91 sebanyak 360 orang dari Hotel Saray Istambul 3/Binayah Al Fouz ke Madinah. Sebelas kloter lainnya berangkat ke Madinah sore hari pukul 15.00 WAS.

Sementara dengan didorongnya jamaah dari Makkah ke Madinah, artinya berakhir juga masa operasional bus salawat. "Setelah kita pastikan jamaah sudah meninggalkan Madinah baru bus-bus akan ditarik keseluruhan," ucap Subhan.

Sementara itu, petugas haji yang di Daker Madinah akan melayani jamaah haji Indonesia gelombang II hingga 26 September. Jumlah petugas yang bekerja di Madinah sebanyak 445 orang dan petugas di Daker Bandara 176 orang.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini