alexametrics

Besok, Layanan Bus Salawat Berakhir Total

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu, 15 September 2018 - 11:05 wib
(Foto: Amril Amarullah/Okezone)

MAKKAH - Pendorongan terakhir jamaah gelombang 2 dari Makkah ke Madinah akan dilakukan pada Minggu, 16 September. Pada hari itu juga, layanan transportasi bus salawat akan berhenti beroperasi.

Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan, batas pelayanan bus salawat di tanggal 16 September hanya beroperasi hingga pukul 16.00 waktu Saudi, karena setelah itu operasional bus salawat akan berhenti total.

Foto: Amril Amirullah/Okezone

"Setelah kita pastikan jamaah sudah meninggalkan Madinah baru bus-bus akan ditarik keseluruhan," ucap Subhan.

Saat ini pun, kata Subhan bus salawat sudah mulai dikurangi armadanya satu persatu. "Masih tersisa beberapa bus saja ada di terminal Bab Ali, Jiyat dan Syib Amir," ucap Subhan.

Subhan Cholid mengatakan pihaknya terus melakukan evaluasi terhadap kinerja layanan transportasi selama di Mekah. Salah satunya soal bus salawat.

Foto: Amril Amirullah/Okezone

Transportasi salawat ini disiapkan kali pertama pada tahun 2008, saat dilakukan pembongkaran hotel sekitar Masjidil Haram. Waktu itu, pemondokan jemaah Indonesia yang terdekat berjarak 2 km, sedang yang jauh sekitar 15 km. Sebab,  gedung yang ada di dekat Masjidil Haram harganya sangat mahal.

Karena jauh, harus disediakan bus. Saat itu PPIH sewa 600 bus dari perusahaan Ummul Qurra, namun belum ada sistem kontrol. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini