alexametrics

Terminal Bus Salawat Mulai Lengang dari Aktivitas Jamaah Indonesia

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu, 12 September 2018 - 18:58 wib
(Bus salawat haji. Foto: Okezone/Amril Amarullah)

MAKKAH - Terminal bus salawat Syib Amir yang biasanya dipadati jamaah haji Indonesia kini mulai terlihat lengang pada Rabu, (12/9/2018) pagi waktu Saudi. Saat ini tersisa 31.083 jamaah dari 83 Kloter yang masih berada di Makkah.

Jamaah satu persatu mulai meninggalkan Kota Suci Makkah dan beranjak pulang ke Tanah Air, juga sebagian lagi menuju Kota Madinah bagi gelombang II untuk melaksanakan Arbain.

Tidak hanya di terminal, bahkan jamaah Indonesia tidak banyak yang lalu lalang di sekitaran Masjidil Haram maupun di Kakbah.

Akbar, sang sopir bus salawat merasakan lebih santai membawa bus salawat dengan jumlah jamaah haji Indonesia yang mulai berkurang.

"Lebih lengang saja, sekarang jadi tidak terburu-buru. Saya menunggu arahan petugas, jika diminta ya jalan (tidak terlalu lama menunggu penumpang)," ucap Akbar.

Kepala Daker Makkah Endang Jumali mengatakan, meski jamaah haji tengah dalam proses pendorongan ke Madinah masih tersisa sedikit, petugas haji yang masih berada di Makkah tetap fokus bekerja.

"Mereka tetap berjaga dan kerja di pos masing-masing, karena bukan berarti tidak ada jamaah yang masih beribadah di Masjidil Haram," ucap Endang Jumali.

Endang Jumali menekankan lebih kepada petugas haji yang berjaga di sejumlah terminal di Makkah. Mereka tetap fokus mengawal jamaah yang pulang pergi dari Masjidil Haram ke hotel masing-masing.

"Khusus yang di terminal. Karena jamaah masih ada yang di sana dari hotel ke Masjidil Haram memakai bus salawat," ucap Endang Jumali.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini