alexametrics

Gelombang II Madinah Resmi Dipulangkan ke Tanah Air

Amril Amarullah, Jurnalis · Minggu, 9 September 2018 - 14:45 wib
(Foto: Amril Amarullah/Okezone)

MADINAH - Jamaah haji gelombang II mulai diterbangkan ke Tanah Air, Minggu (9/8/2018) pagi waktu Saudi. Tahap awal pemulangan terdapat 7.000 jamaah dari 17 Kloter melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdulaziz, Madinah.

Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat mengatakan, rombongan tersebut diberangkatkan dari dua hotel di Madinah secara bersamaan pada Sabtu (8/9/2018) malam. Mereka langsung bertolak ke Tanah Air pada Minggu (9/9/2018) pukul 4.30 dini hari dengan penerbangan Saudia Airlines dari Kloter 41 JKS.

"Sebenarnya selain di Madinah, kita masih ada tersisa satu kloter lagi jamaah yang diterbangkan dari Bandara Jeddah ke Tanah Air. Jadi berbarengan, dan alhamdulilah sudah tertangani. Kita bagi dua tugas, sebagian di Madinah dan sisnya di Jeddah," ujar Arsyad.

Foto: Amril Amirullah/Okezone

Sebelum diterbangkan, jamaah mendapat penjelasan terlebih dahulu dari pihak maskapai, apa saja yang boleh dan tidak dibawa ke kabin pesawat.

"Bapak ibu sekalian, sebelum masuk pesawat akan ada pemeriksaan barang yang tidak diperkenankan seperti, air zamzam, pisau, gunting, sisa rokok dan makanan atau barang yang melebihi ketentuan yakni maksimal 7 kilogram," ujar Herdiyanto, salah seorang petugas Saudi Airlines.

Alhasil, saat pemeriksaan tidak sedikit jamaah yang harus merelakan barang-barangnya harus diamankan petugas karena tidak sesuai aturan. Pantauan Okezone, sejumlah barang seperti piring, payung, gantungan baju, makanan, mainan anak, air zamzam dalam kemasan botol, bahkan buah kurma harus disita petugas.

Foto: Amril Amirullah/Okezone

"Mainan anak silakan dibawa, asalkan tidak disertakan bungkusnya, dibuang saja kardusnya," ujar Herdiyanto lagi.

Setelah kloter tersebut, akan dipulangkan Kloter 38 Debarkasi Surabaya (450 jamaah) dengan pesawat yang berangkat setengah jam kemudian. Lalu menyusul Kloter 30 Debarkasi Jakarta-Pondok Gede (376 jamaah) pada pukul 5.30.

Sebanyak 17 kloter dipulangkan pada hari pertama pemulangan gelombang pertama tersebut. Sedikitnya 7.000 jamaah akan dipulangkan dari Bandara Madinah itu hari.

Foto: Amril Amirullah/Okezone

“Adapun untuk secara keseluruhan yang telah diberangkatkan dari airport jeddah sampai dengan hari ini sebanyak 213 kloter dengan jumlah sebanyak 87.028 orang dengan rincian jemaah haji 85.962 orang dan petugas kloter 1066 orang,” kata Arsyad. (qlh)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini