Marak Penipuan di Nabawi, Kepolisian Madinah Intensifkan Kerjasama dengan PPIH

Amril Amarullah, Jurnalis · Minggu, 9 September 2018 - 06:49 wib
(Kepolisian Madinah intensifkan kerjasama dengan PPIH. (Foto: Amril Amarullah/Okezone))

MADINAH - Kepolisian Sektor Madinah baru-baru ini melakukan kunjungan kerja ke kantor PPIH Daerah Kerja Madinah. Dalam kunjungan tersebut, mereka meminta masukan ke petugas Indonesia mengenai keamanan jamaah.

Kepala Daker Madinah Muhammad Khanif mengatakan, terkait keamanan jamaah mereka menginginkan pelayanan keamanan itu menjadi lebih baik lagi.

"Secara umum untuk keamanan di Madinah sudah baik. Namun, ada beberapa hal yang mungkin perlu dilakukan kerjasama, karena di lapangan itu kasus yang ada di Madinah lebih kepada penipuan," ujar Khanif di Madinah, Minggu, (9/9/2018).

Ia mencontohkan, beberapa kasus penipuan yang terjadi dialami jamaah Indonesia pada saat gelombang pertama, sehingga merugikan jamaah tersebut. Dan berkat kerjasama yang baik, pelaku kejahatan terhadap jamaah Indonesia sudah ditangani oleh pihak keamanan polisi setempat.

Jamaah Haji

"Alhamdulillah, untuk gelombang kedua ini sudah sangat menurun tingkat kejahatan di Madinah. Kita berharap sampai akhir. Meskipun angkanya kecil, masalah penipuan ini tetap menjadi konsen kita," ucapnya.

Bukan itu saja, Khanif mengatakan bahwa kepolisian Madinah sangat terbantu dengan kehadiran petugas PPIH berjaga di beberapa titik, seperti pintu 21 dan pintu masuk Raudhoh.

(Baca Juga : Jamaah Keluhkan Kualitas Koper Haji)

Sebagai contohnya ketika jamaah perempuan yang akan memasuki Raudhoh, dengan adanya petugas PPIH jamaah Indonesia yang mengatur dan memberikan edukasi, Kepolisian Madinah menilai jamaah Indonesia yang paling tertib.

"Sehingga secara umum mereka menyampaikan respon baik terhadap petugas Indonesia yang berjaga di sekitaran Nabawi, dan mereka sangat welcome sekali, dalam artian membolehkan keberadaan kita di sekitaran masjid," tuturnya.

(Baca Juga : Gelombang II Mulai Diterbangkan ke Tanah Air, Jamaah Dilarang Gunakan Jaring Koper)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini