Jamaah Keluhkan Kualitas Koper Haji

Amril Amarullah, Jurnalis · Sabtu, 8 September 2018 - 22:42 wib
(Petugas saat mengangkat koper jamaah haji (foto: Amril/Okezone))

MADINAH - Sejumlah jamaah haji Indonesia mengeluhkan kualitas tas koper yang diterima kurang berkualitas. Tidak sedikit koper berwarna biru yang didapat ketika digunakan di Tanah Suci mudah putus dan robek.

Aduan jamaah itu disampaikan ketika tim Media Center Haji (MCH) menyambangi sejumlah jamaah yang sedang melakukan pengepakan barang untuk ditimbang sebelum diterbangkan ke Tanah Air.

Salah satunya dirasakan oleh Harisno, jamaah asal Tangerang Selatan, Kloter 35 JKS. Ia mengaku tidak hanya dirinya, bahkan temen sekamarnya yang putus tasnya karena kelebihan berat beban dan rusak saat barang dilempar petugas.

"Rusak barang saya, sepertinya dilempar tuh saat diturunkan dari bus, ada juga yang putus talinya," ujar Harisno kepada Okezone.

 koper

Terkait hal itu, Kepala Daker Madinah Muhammah Khanif mengatakan, terkait kualitas tas koper yang mudah rusak itu perlu dilakukan penelusuran rusaknya karena apa.

"Tapi kalau ditanya kualitas, itu merupakan standar dari maskapai penerbangan, karena mereka yang memberikan," kata Khanif di Madinah, Sabtu, (8/9/2018).

Meski demikian diakui Khanif bahwa saat melihat langsung koper jamaah, saat diisi barang berlebih akan terlihat mengembang. Artinya ketika melihat kondisi tersebut, tentu harus ada perbaikan kualitas.

 koper

"Tentunya ini menjadi konsen kita kedepan bagaimana kualitas ini bisa ditingkatkan lagi oleh maskapai penerbangan," ujar Khanif.

"Bahkan ini sudah sering disampaika kepada mereka (maskapai) agar tas tas koper ini selalu ditingkatkan kualitasnya," terangnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini