alexametrics

Hotel Ini Sambut Jamaah Haji Asal Indonesia Layaknya Raja

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin, 13 Agustus 2018 - 10:57 wib
(Jamaah haji Indonesia mendapat sambutan dari pihak hotel di Arab Saudi. Foto: Okezone/Kemenag)

Makkah — Pelayanan hotel-hotel yang ditempati jamaah haji Indonesia berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi para tamu Allah. Bagi sebagian hotel telah diterapkan standar-standar yang diminta oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Tapi ini tidak berlaku bagi hotel Rizq Palace. Hotel yang beralamat di Kawasan Misfalah Makkah ini menyambut setiap jamaah haji yang datang ke hotelnya disambut bak penyambutan raja di antaranya salawat Nabi Muhammad SAW, pemberian bunga mawar, makanan ringan, souvenir, air zamzam, serta kurma.

Hotel ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang tidak disediakan hotel-hotel lain seperti penterjemah, ruang fitness, studio foto, ziarah, Imam Salat, pemberian ceramah agama serta camilan dan minuman ringan.

“Semuanya kita berikan gratis,” kata pengurus hotel Mardiyah Zahri, saat ditemui disela-sela penyambutan jemaah haji asal Jambi (Kloter BTH 23) menyitir laman Kemenag, Senin (13/8/2018).

Menurut Mardiyah, fasilitas ini memang diberikan pihak hotel kepada jamaah haji Indonesia yang mendapatkan penginapan di hotelnya. Selain itu, kata dia, ini adalah bentuk kecintaannya kepada Indonesia.

“Karena saya cinta dengan Indonesia,” ujar wanita berdarah campuran Palembang dan Thailand ini.

Sebelum digunakan untuk penginapan jamaah haji Indonesia, kata Mardiyah, tahun lalau hotel ini digunakan oleh jamaah afrika, India dan Pakistan. Namun dia bersyukur tahun ini hotelnya di gunakan oleh jamaah haji Indonesia.

“Jamaah Indonesia kan orangnya sopan-sopan dan bersih-bersih, Alhamdulillah tahun ini digunakan sama jamaah Indonesia,” kata Ibu dua orang anak ini.

Dia bercerita, ada satu kloter yang dipecah menjadi dua hotel, pada saat kita mengadakan ziarah, jamaah yang menginap di lain hotel merasa iri karena tidak difasilitasi ziarah, akhirnya pihaknya mengajak jamaah tersebut karena masih satu kloter.

Untuk fasilitas studio foto, kata Mardiyah, jamaah bisa berfoto dengan menggunakan pakaian ala orang arab, tempat fitness bagi jamaah yang ingin menjaga kebugaran tubuhnya ataupun yang ingin menikmati mie instan dan minuman ringan lainnya diberikan secara cuma-cuma.

Selain fasilitas diatas, pihaknya juga menyediakan penterjemah bagi jamaah yang memerlukan bantuan bahasa, toilet yang bersih, ruang media center, serta ruang bermain untuk anak.

Saat bekerja melayani jemaah haji, Mardiyah juga dibantu oleh beberapa pekerja wanita yang mempunyai keturunan Indonesia termasuk kedua anaknya. Dirinya juga memberikan bimbingan dan arahan kepada anak-anaknya agar tidak malu untuk melayani jamaah haji terlebih jemaah Indonesia.

“Saya dibantu sama anak-anak yang telah bermukim di sini (Makkah), termasuk anak-anak saya sendiri, kalau mereka bekerja dari Maktab,” tutur Mardiyah.

Hotel Rizq Palace ini juga aktif di media sosial untuk menjaring konsumennya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini