3 Hari Jelang Armina, Bus Salawat Berhenti Beroperasi

Amril Amarullah, Jurnalis · Minggu, 12 Agustus 2018 - 23:30 wib
(Bus salawat jamaah haji untuk sementara berhenti beroperasi jelang Armina. (Foto: Amril Amarullah/Okezone))

MAKKAH – Tiga hari menjelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, Mina (Armina) bus salawat yang biasa beroperasi mengangkut jamaah Indonesia dari hotel menuju Masjidil Haram dihentikan sementara pada 17–24 Agustus 2018 atau selama delapan hari.

Bus salawat kembali aktif pada 25 Agustus hingga masa musim haji selesai atau pada 16 September 2018 dengan masa operasional 23 hari. Dengan begitu, total masa aktif bus salawat selama musim haji tahun ini yakni 45 hari.

Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Chalid mengatakan, penentuan penghentian sementara sesuai hasil rapat mengingat sudah mulai masuk musim Armina.

Dengan demikian, selama tiga hari sebelum masa Armina, konsentrasi jamaah akan dititik beratkan pada persiapan Armina, dan mengurangi aktivitas di Masjidil Haram.

"Sebaiknya dikurangi aktivitas ke Masjidil Haram-nya untuk mempersiapkan energi buat puncak haji di Armina," ujar Subhan dalam pesan singkatnya, Minggu (12/8/2018).

Namun bila ada jamaah yang tetap akan menjalankan ibadah di Masjidil Haram selama masa tunggu Armina dari 17–19 Agustus (selama tiga hari) dipersilakan, tapi jamaah tidak difasilitasi bus salawat.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini