Imam Masjidil Haram Sheikh Sudais: Persiapan Haji Tahun Ini Sudah Matang

Yadi Hendriana, Jurnalis · Minggu, 12 Agustus 2018 - 12:34 wib
(Kakbah di Masjidil Haram. Foto/Reuters)

MAKKAH – Imam Masjidil Haram Sheikh Abdulrahman Al-Sudais mengatakan bahwa persiapan Haji 1439 H, tahun ini sudah sangat matang.

Ini disampaikannya saat menerima rombongan jurnalis dari sejumlah negara di kantornya, Minggu (12/8/2018).

Ia menjelaskan, bahwa pihak kerajaan Arab Saudi telah membuat beberapa rencana administratif, teknis hingga pusat media. Termasuk program perluasan bagian ketiga Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Pihak Kerajaan Arab Saudi, lanjutnya, terus melakukan upaya agar para jamaah haji melakukan ritual ibadah secara benar. Ini dilakukan dengan cara menyebar dan memastikan para syekh, cendekiawan dan guru, terus mendampingi para jamaah. Informasi juga diberitahukan melalui media.

Foto/Koran Sindo

Pihak Arab Saudi juga mengatur agar para jamaah perempuan dan laki-laki dipisah saat melakukan ibadah, setidaknya tiga kali dalam sehari.

Pada musim haji tahun ini, kata dia, ada ratusan pintu yang disediakan untuk para jamaah haji.

210 pintu di Masjidil Haram dan 100 pintu di Masjid Nabawi. Kemudian ada 28 eskalator di Masjidil Haram, 38 untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus dan 7 untuk wanita.

Sheikh Sudais menjelaskan antar lembaga dan kementerian juga saling kerjasama dan koordinasi agar jamaah haji melaksanakan ibadah haji dengan tenang.

“Rencana itu termasuk peliputan, keragaman dan ketaatan, mulai kedatangan para jamaah, yang berlangsung dua bulan dari bulan pertama Dhul-Hijjah (haji) hingga akhir Dhulhijjah, ujar Sheikh Sudais.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini