1 dari 5 Keistimewaan Kakbah, Letaknya Persis di Atas Titik Sentral Bumi

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at, 3 Agustus 2018 - 06:23 wib
(Kakbah memiliki 5 keistimewaan. (Foto: suadigazette))

JAKARTA – Pergi ke Tanah Suci, baik Makkah atau Madinah, merupakan impian umat Muslim. Selain menunaikan ibadah di sana, jamaah bisa melakukan ziarah ke tempat-tempat yang tertuang dalam ayat suci Al-Quran.

Salah satu yang memiliki magnitude terbesar adalah Kakbah. Bagi umat Islam, Kakbah bukanlah sekedar bangunan kubus yang berselimutkan “kiswah” hitam lengkat dengan tenunan ayat-ayat Al-Quran keemasan.

Seperti dikutip Okezone dari buku 'Haji dan Umrah Mabrur Itu Mudah dan Indah' karya Dr Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, Kakbah adalah bangunan bersejarah tinggi dan memiliki makna spiritual yang mendalam.

Ia begitu istimewa, yang keistimewaannya, antara lain

1. Sebagai bangunan tempat ibadah pertama di dunia

Allah menegaskan dalam Al-Quran , yang artinya “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan diberi petunjuk bagi semua manusia.” (QS. Ali Imran [3]: 96).

2. Sebagai pusat peribadatan pertama dan urusan dunia bagi manusia.

Dalam Al-Quran dijelaskan yang artinya:

Allah telah menjadikan Kakbah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusi, dan (demikian pula) bulan Haram, had-nya, qalaid (Allah menjadikan yang) demikian itu agar kamu tahu bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di hui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Maidah [5]: 97)

Dahulu Kakbah terkenal dengan nama Baitulal-Uqaishir, Bait Dzial-Khulshah, Bait Aradha, Bait Najran(Ahmad Ibrahim Syarif, Makkah waal-Madinahfial-Jahiliyah). Mereka menganggap bahwa rumah ini adalah tempat suci bagi penduduk Syam dan Yaman, serta kabilah-kabilah lainnya. Kakbah juga sebagai tempat suci bagi penyimpanan patung sesembahan mereka. Apabila beribadah haji di Kakbah, mereka akan memotong rambutnya di sana. Ketika Fathu Makkah (penaklukan kota Makkah) Rasulullah SAW memerintahkan untuk menghancurkan semua berhala yang berada di Kakbah.

3. Memiliki nama-nama mulia sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran.

Kakbah memiliki nama-nama lain yang memuliakannya, seperti: Al-Bait (Rumah), Baitullah (Rumah Allah SWT), Al-Baital-Haram (Rumah Suci), Al-Baital-‘Atiq (Rumah Pustaka), dan Qiblat.

(dni)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini