nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ubi Kok Diisi dengan Lobak

Hantoro, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 13:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 31 132 1929778 ubi-kok-diisi-dengan-lobak-yvMQnjCvVs.jpg Ilustrasi ubi. (Foto: Zeenews)

KISAH Syekh Nashiruddin Juha yang memiliki karakter periang, kritis, cerdik, dan senang melakukan tingkah laku aneh serta jenaka kali ini berkaitan dengan ubi. Juha yang sedang duduk-duduk santai di tepi jalan didatangi seseorang yang dikenalnya.

Orang tersebut membawa sebutir telur di genggaman tangannya. Lalu ia melontarkan sebuah pertanyaan kepada Juha.

(Baca juga: Kalau Sudah Tahu, Kasih Tahu yang Belum Tahu)

"Jika engkau dapat menebak apa yang ada di tanganku ini, aku akan memberimu telur dadar, sehingga engkau bisa memakannya," ucap orang tersebut kepada Juha, sebagaimana Okezone nukil dari buku 'Tingkah Laku Juha' karya Dr Darwisy Juwaidy, Selasa (31/7/2018).

Ubi lobak. (Foto: Shutterstock)

Juha pun coba menjawabnya dengan sedikit meminta petunjuk. "Coba sebutkan bentuk dan warnanya," tanyah Juha kepada orang tersebut.

(Baca juga: Seandainya Unta Memiliki Sayap)

Si penanya kemudian sedikit menjelaskannya. "Dia berbentuk oval. Pada bagian luarnya berwarna putih, sedangkan pada bagian dalamnya berwarna kuning," tuturnya.

Juha yang masih belum tahu benda apa itu memberikan sanggahan dengan apa adanya. "Saya kira di tanganmu itu adalah ubi yang diisi dengan ubi lobak," tebak Juha dengan ringan.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini