Share

Jamaah Haji Diminta Tidak Bawa Banyak Uang saat Ibadah untuk Hindari Penjambretan

Hantoro, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 30 600 1929194 jamaah-haji-diminta-tidak-bawa-banyak-uang-saat-ibadah-untuk-hindari-penjambretan-9C0u3uZEIM.jpg Jamaah haji di Masjidil Haram. (Foto: Okezone)

MAKKAH – Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri (Diryanlu) Kementerian Agama yang juga Pengendali Teknis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Sri Ilham Lubis meminta kepada jamaah haji untuk tidak membawa uang banyak saat beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

"Simpan di safety box yang telah disediakan di masing-masing kamar hotel," kata Sri Ilham saat ditemui di Hotel Grand Al Aseel Makkah, sebagaimana dikutip dari situs resmi Kemenag, Senin (30/7/2018).

(Foto: Salman Mardira/Okezone)

Dia menjelaskan, layanan fasilitas safety box memang termasuk fasilitas yang didapat jamaah haji yang disediakan pihak hotel.

Begitu juga dengan saat pelaksanaan puncak haji di Arafah, Mudzalifah, dan Mina (Armina), Sri Ilham menjelaskan jamaah haji tidak perlu membawa uang banyak. Uang dapat dititipkan di kantor maktab-maktab yang berada di Kota Makkah.

"Jamaah bisa berkoordinasi dengan ketua kloternya untuk menitipkan uang-uang tersebut ke Maktab," jelasnya.

Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyathi Bashori juga berharap jamaah haji Indonesia tidak membawa uang yang banyak karena akan membahayakan dan keselamatan dirinya.

"Mudah-mudahan jamaah kita tidak membawa uang yang banyak karena ini akan membahayakan, bisa diuntit (diikuti) oleh pelaku," ucap Dumyathi.

Seperti diberitakan, sudah banyak jamaah haji Indonesia yang mengalami penjabretan dan pencurian uang oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab karena membawa uang yang banyak.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini