nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sungguh Tega si Juha Melemparnya ke Sungai

Hantoro, Jurnalis · Senin 30 Juli 2018 14:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 07 30 132 1929310 sungguh-tega-si-juha-melemparnya-ke-sungai-9ckrZf77ve.jpg Ilustrasi sungai. (Foto: Ist)

SUATU hari Syekh Nashiruddin Juha sedang duduk-duduk di tepi sungai. Kemudian datanglah 10 orang penyandang tunanetra di seberangnya. Mereka berbincang-bincang, dan singkat kata, terjadi kesepakatan di antara Juha dengan ke-10 orang tersebut.

Sebagaimana dikutip dari buku 'Tingkah Laku Juha' karya Dr Darwisy Juwaidy, Senin (30/7/2018), Juha menyanggupi menyeberangkan 10 penyandang tunanetra tersebut lokasinya duduk saat ini. Caranya, digendong satu per satu menyeberangi sungai. Mereka menyetujui ongkos 1 dirham untuk setiap orang yang berhasil diseberangkan.

(Baca juga: Kalau Sudah Tahu, Kasih Tahu yang Belum Tahu)

Ilustrasi sungai. (Foto: Ist)

Mulailah Juha menggendong para penyandang tunanetra tersebut ke seberang sungai. Orang pertama hingga kesembilan digendong Juha dengan berhasil. Namun ketika giliran orang ke-10, dia tampak sangat kelelahan.

Juha hanya mampu menggendongnya sampai tengah sungai dan tidak mampu mengantarkannya ke tepi. Tiba-tiba dia melemparkan orang tersebut begitu saja ke sungai sampai terseret arus air yang cukup deras.

(Baca juga: Seandainya Unta Memiliki Sayap)

Teman-teman orang itu yang sudah berada di pinggir sungai pun berteriak-teriak, menangis, dan menyalahkan Juha. Mereka menyebut Juha sangat tega melakukannya.

"Mengapa kalian berteriak-teriak dan menagis? Segala sesuatu harus diukur sesuai dengan kapasitasnya. Bayarlah kalian 9 dirham. Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan ganti kepadaku," ucap Juha.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini